Ini Dia! Pesona Goa Gajah yang Akan Membuatmu Ogah Pulang

Siapa yang bilang Bali hanya panorama soal pantai? Apa yang membuat Bali begitu memesona? Ya! Bali indah bukan karena pantai saja, ada banyak varian wisata yang perlu kamu telusuri, salah satunya adalah Goa Gajah. Obyek pariwisata satu ini tidak kalah menarik dibandingkan dengan yang lain.  Mulai dari panorama, eksotika sampai  sensasinya bakal kamu dapatkan di tempat ini

Sejarah & Daya Tarik

goa gajah

Berdasarkan falsafah maknawi, Goa Gajah mendaptkan sebuah istilah dari bahasa Indonesia, kata “Lwa” berarti sungai dan gajah yang bermakna wihara daerah pemujaan para Bhiksu bagi kaum agama Budha. Hasil akhirnya “Lwa Gajah” mendapatkan arti selaku daerah pertapaan para Bhiksu umat beragama Budha yang berada di tepian sungai.  Nah, pada lontar Negarakertagama sendiri mendapat tuan dari Mpu Prapanca medio tahun 1365 M, karena dalam kitab tersebut terdapat nama “Lwa Gajah.”

Kamu musti menuruni anak tangga  semenjak area parkir sampai arah pertapaan. Di samping itu, tempat ini juga dikelilingi pepohonan rindang lagi kehijauan sehingga suasananya begitu sejuk nan asri. Berdasarkan keterangan dari petugas yang melindungi obyek wisata ini, diperkirakan pepohonan tersebut sudah berusia ratusan tahun lamanya.

Kemudian, bila kamu mau mengamati Goa Gajah secara komprehensif, kamu bisa manfaatkan tangga. Daerah sehabis kamu menuruni tangga, akan kamu dapati gemericik air bertalu yang ditemukan pada banyak pancuran arca tersebut.

Hal-Hal Unik di Area Goa Gajah

goa gajah

Mulut goa sendiri sebagai pintu masuk hanya bisa dilalui tidak lebih dari satu orang. Di luarnya ada semacam ukiran dilengkapi dua patung penjaga. Bagian dalam goa sendiri berbentuk huruf T, dengan tinggi kurang lebih 2 meter.  Bagian kiri dan kanan lorong terhitung ada ceruk yang barangkali pada zaman old merupakan daerah bertapa. Akan tetapi, dewasa ini para turis bisa duduk maupun berbaring di sana. Di ujung barat lorong sudah bertengger Arca Ganesha dan ujung timur lorong ada tiga lingga.

Setelah itu, di sekitaran area goa juga terdapat patung petirtaan dengan tujuh patung widyadara-widyadari yang sedang  memegang air suci. Total tersedia tujuh patung yang menjadi simbol dari tujuh sungai di India, negeri lahirnya agama Hindu dan Budha.

Peta Lokasi & Pilihan Transportasi Terbaik

sejarah goa gajah

Lokasi Goa Gajah sendiri berada di wilayah barat Desa Bedulu, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar. Untuk lebih tepatnya adalah di tepi jurang dan merupakan momen pertemuan dari sungai kecil di desa tersebut. Jika kamu berperjalanan dari kota Denpasar, jaraknya kurang lebih 26 km dari kota Denpasar dengan perkiraan waktu tempuh kurnag lebih 60 menit.

Jika kamu ingin liburan ke daerah Goa Gajah Gianyar, kamu tentu butuh layanan transportasi agar akses lebih mudah ke Goa Gajah. Di Bali ada banyak layanan transportasi terbaik entah itu motor maupun mobil. Untuk mendapatkan jasa sewa motor murah di Denpasar bukanlah hal yang  susah, tinggal kli saja nomor di web dan kamu akan diarahkan ke bagian penyewaan.

Bagi kamu yang menginginkan kemewahan dan kenyamanan di dalam kendaraan, kamu bisa gunakan jasa rental motor Bali yang kita sediakan untuk kamu yang siap meluncur menuju Goa Gajah.  jangan gelisah dengan unitnya, kami pastikan kamu tidak akan kehabisan varian motor yang kamu suka. Tunggu apalagi? Yuk, booking sekarang!

Bali terlalu luas untuk kamu nikmati dengan jalan kaki, dan terlalu singkat apabila kamu terjebak macet dan susah bermanuver tanpa kendaraan roda dua. Nah, mumpung kamu di Bali dan unit juga belum ludes, kini saatnya memaksimalkan liburanmu dengan penuh optimisme.