Whatsapp Web

Siapa yang tidak tahu dengan aplikasi kirim pesan bernama WhatsApp? Dirilis pada tahun 2009 lalu, aplikasi ini termasuk salah satu platform chatting favorit masyarakat di dunia Internasional.

Selain Mesengger yang diluncurkan oleh Facebook, aplikasi yang berkantor pusat di California ini pun banyak fiturnya.

Pada dasarnya, WhatsApp bisa Anda aplikasikan di smartphone.

Untuk mendapatkan aplikasinya Anda bisa langsung mendownloadnya seperti di Google Play, App Store, Microsoft, dan penyedia lainnya.

Meskipun demikian, ternyata WhatsApp juga bisa digunakan melalui Website atau perangkat komputer.

Cara Menginstall Whats’App di Smartphone

Nah, Sebelum masuk ke cara menggunakan whatsApp Web, pertama kali yang harus Anda lakukan adalah menyiapkan terlebih dahulu aplikasinya di ponsel.

Untuk memasangkan aplikasi di ponsel pintar Anda pun sangat mudah, berikut ini adalah beberapa langkahnya.

  1. Siapkan smartphone yang sudah terkoneksi internet stabil. Lebih baik jika koneksinya cukup bagus dan memiliki kecepatan yang optimal.
  2. Buka penyedia aplikasi di Smartphone seperti Google Play atau App Store dan sebagainya. Cari aplikasi WhatsApp pilihan Anda dan Klik unduh atau download pada bagian sisi kanan berwarna hijau. Tunggulah proses download aplikasi sampai selesai.cara download whatsapp di laptop

  3. Jika aplikasi WhatsApp sudah berhasil didownload, instal agar bisa digunakan. Lakukan sesuai instruksi yang nantinya tertera saat proses installing. Anda cukup menyetujui ketentuan, lalu selesaikan prosesnya.cara login whatsapp dengan nomor yang sudah tidak aktif
  4. Aplikasi WhatsApp pun sudah terpasang di smartphone. Bukalah aplikasinya, Klik setuju dan lanjutkan. Kemudian buat akun WhatsApp menggunakan nomor telepon yang dimiliki dan aktif. Ikuti dan lakukan setiap perintah yang ada pada aplikasi WhatsApp sampai akun Anda bisa digunakan.

Setelah memiliki aplikasinya di smartphone, lalu bagaimana cara menghubungkannya ke perangkat komputer atau laptop? Tentu saja hal tersebut mudah dilakukan.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, bahwa WhatsApp bisa Anda gunakan pula melalui website di dekstop.

Anda juga tidak perlu khawatir pesan-pesan akan hilang.

Tidak seperti instal aplikasi ulang, dengan WhatsApp web ini, pesan-pesan Anda masih tetap aman.

Untuk itu, penasaran bagaimana cara mengkoneksikannya? Simak, yuk, langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Menghubungkan Whats’app Dari Android ke Laptop/PC:

  1. Siapkan smartphone yang sudah login atau masuk ke akun WhatsApp Anda. Karena WhatsApp akan dihubungkan ke dekstop, siapkan juga laptop, komputer, netbook atau perangkat komputer lainnya. Pastikan keduanya, baik ponsel maupun perangkat komputer sudah terkoneksi internet.
  2. Di komputer Anda, pilih salah satu penyedia browser yang ingin digunakan untuk membuka WhatsApp web. Setelah itu, di kolom pencarian ketikkan alamat situs https://web.whatsapp.com/ hingga muncul tampilan seperti gambar berikut.cara melihat history whatsapp di komputer
  3. Seperti yang dilihat dalam gambar, Anda akan diarahkan pada halaman keamanan dan verifikasi. Di halaman ini Anda harus bisa memindai code QR yang disediakan dengan menggunakan ponsel Anda nantinya. Jika tidak bisa memindainya, maka Anda pun tidak bisa login di WhatsApp Web tersebut.
  4. Agar bisa terhubung dengan Whatsapp Web, buka aplikasi WhatsApp di ponsel atau Android Anda. Di bagian ujung atas sebelah kanan, terdapat ikon menu berbentuk titik-titik sebanyak 3 kali vertikal atau pun settings. Klik ikon tersebut, hingga muncul beberapa pilihan menu dan pilihlah WhatsApp Web.download whatsapp web for pc
  5. Setelah memilih menu WhatsApp web tersebut, Anda akan dialihkan pada halaman scan barcode. Sebelum itu, Anda harus menyetujui terlebih dahulu dengan mengklik “Oke, saya mengerti” di halaman yang terpampang setelah Anda klik menu.cara video call whatsapp web
  6. Pindai code QR yang terdapat di halaman WhatsApp web pada browser Anda di komputer. Arahkan kamera sesuai dengan gambar kode dan pastikan bahwa kamera ponsel Anda bisa digunakan untuk memindainya.cara download whatsapp di pc
  7. Saat memindai code, pastikan bahwa kotak pindai yang ada di ponsel Anda menyesuaikan dengan kotak code QR agar bisa cepat login. Jika proses verifikasi tersebut selesai, Anda pun akan langsung dibawa ke halaman depan atau tampilan depan WhatsApp seperti berikut.
  8. Selanjutnya, Anda tinggal menggunakan WhatsApp di komputer. Anda bisa langsung mengirim pesan ke teman, keluarga, atau orang lain sama seperti Anda berkirim pesan di ponsel menggunakan aplikasi WhatsApp. Fitur-fitur yang disediakan pun sama seperti WhatsApp di ponsel.

Anda bisa mengirim pesan menggunakan emoji, mengirimkan berkas-berkas berupa file digital, mengirimkan kontak, mengirimkan voice note dan sebagainya.

Bahkan, menggunakan WhatsApp ini pun bisa lebih efektif ketika Anda sedang mengerjakan tugas di komputer dan ingin tetap berkirim pesan.

Selain menggunakan WhatsApp di perangkat komputer melalui situs WhatsApp web di browser, ada juga cara lain yang bisa Anda pilih. Sebab, saat ini pihak WhatsApp sudah mengembangkan aplikasinya untuk perangkat komputer tanpa harus memakai browser.

Caranya adalah dengan memasang WhatsApp di komputer dengan langsung mengunduh aplikasinya via Apple App Store atau Microsoft Store.

Yang perlu diperhatikan adalah, aplikasi ini hanya bisa digunakan jika komputer Anda bersistem operasi Windows 8.1 ke atas atau Mac OSX 10.9 hingga terbaru.

Baik melalui browser atau pun aplikasi, Anda harus tetap memindai code QR untuk verifikasi dan keamanan.

Cara mengoperasikannya pun mudah dan tidak beda jauh seperti menghubungkannya di browser.

Hanya saja, Anda perlu mendownload dan menginstal dulu aplikasinya.

Itulah beberapa langkah agar bisa menghubungkan Whatsapp dari android ke perangkat komputer beserta cara menggunakan WhatsApp Web dengan mudah.

Dengan begitu, Anda bisa langsung merealisasikan langkah tersebut dan nikmati pengalaman berbeda dalam berkirim pesan WhatsApp.