Cara Parkir Mobil

Untuk beberapa orang yang masih baru bisa mengemudi sendiri, parkir merupakan salah satu hal yang menakutkan. Terutama jika harus parkir di tempat yang rapat dan sempit seperti parkiran yang ada di mall atau perkantoran.

Meskipun kebanyakan tempat parkir sudah disediakan tukang parkir yang akan mengarahkan, tapi tidak sedikit rasa takut saat parkir muncul. Tidak sedikit orang yang mengalami rasa takut ini menjadi enggan untuk membawa mobil sendiri saat datang ke pusat keramaian.

cara parkir mobil innova ke garasi

Parkir mobil dengan benar adalah kewajiban

Untuk menghindari adanya hal yang tidak diinginkan seperti menabrak mobil yang sedang parkir, menabrak pembatas jalan dan parkir di luar garis yang sudah dibuat maka kita sendiri harus lebih waspada atau hati-hati jika akan memarkir mobil.

Berikut merupakan cara untuk memarkir mobil bagi para pemula dan belum berani memarkirkan mobil sendiri.

Cara Memarkir Mobil

1. Mencari Lahan Parkir

cara parkir mobil mundur di mall pinggir jalan

Cari lahan parkir yang kosong

Sebelum bepergian dengan mobil, tentunya harus tahu kemana kita akan pergi dan bagaimana situasi parkiran di tempat tersebut. Carilah lahan parkir yang kosong, jalan dengan perlahan dan nyalakan juga lampu sein.

Dengan begitu pengendara yang ada di belakang kita dan tukang parkir akan tahu jika kita sedang mencari lokasi parkir. Pastikan juga lahan untuk parkir sesuai dengan ukuran dari mobil yang dikendarai.

Untuk yang akan bertujuan ke perkotaan, maka dapat parkir di pinggir jalan raya. Parkir dijalan raya ini akan memudahkan kita saat melakukan proses parkir keluar atau masuk dan tidak akan mengganggu mobil lain dari kedua arah yang berlawanan.

Saat memarkir kita juga tidak akan terburu-buru dan gugup karena banyaknya mobil yang menunggu selesai melakukan parkir mobil.

2. Buka jendela dan Matikan Audio

cara parkir mundur mobil manual di jalan sempit menurun

Saat parkir, disarankan untuk membuka jendela terlebih dahulu dan mematikan audio. Hal ini akan mempermudah kita menjadi lebih fokus dengan lingkungan sekitar. Selain itu suara tukang parkir akan menjadi lebih jelas.

Sebelum parkir, ada baiknya untuk turun terlebih dahulu dan memeriksa tempat sekitar parkir. Apakah ada benda-benda yang mengganggu seperti gundukan pembatas, tiang, garis parkir, troli belanja atau kendaraan lainnya

3. Maksimalkan Kaca Spion

cara parkir mobil matic di basement gang sempit

Pada saat parkir, penggunaan kaca spion juga sangat penting, karena dapat membantu memarkir mobil. Saat kita memarkir mobil mundur, di tempat terbatas atau sempit seperti mall.

Perlu juga untuk melihat dengan mengeluarkan kepala jika masih ragu dengan jarak yang dilihat dari spion. Tapi sekarang ini sudah banyak mobil yang memiliki sensor atau kamera mundur untuk batas belakang.

4. Berikan Jarak Kendaraan

cara cepat parkir mobil di mall dengan benar

Untuk mempermudah kita dan penumpang turun dari mobil setelah parkir, pastikan kita melihat jarak pada sisi sebelah kanan dan kiri. Apakah pintu dapat terbuka dan penumpang dapat naik atau turun.

5. Amankan Mobil

belajar cara parkir mundur mobil matic bagi pemula

Setelah selesai parkir mobil, amankan mobil dengan pasang rem tangan jika berada di tempat yang datar. Di tempat turunan, pasang rem tangan, posisikan pada transmisi gigi mundur atau R. Sedangkan parkir pada jalan menanjak, pasang rem tangan pada posisi gigi 1.

Dengan mengetahui cara mengamankan mobil  ini, mobil tidak akan bergerak sendiri saat sedang ditinggal pergi. Pastikan juga sudah memindahkan gigi pada posisi netral sebelum menyalakan mobil kembali.

Cara Parkir Mobil Mundur

cara parkir mundur mobil inap di bandara

Sebelum melakukannya langsung di tempat parkir asli, sebaiknya belajar terlebih dahulu untuk memudahkan di tempat parkir. Untuk parkir ke depan, arah pandangan akan lurus ke depan melihat ke kaca depan yang lebar. Tapi saat mobil akan berjalan mundur juga ada dalam beberapa waktu seperti saat jalan buntu, parkir mundur dan mencari alamat.

Untuk lebih mudah dapat juga menggunakan imajinasi, membayangkan posisi mobil saat dikemudikan dan berjalan mundur. Saat melewati tempat parkir, belokkan sedikit posisi mobil. Hal ini akan memudahkan kita saat memarkir mobil.

Saat mengemudi reflek mundur ini tidak sebaik saat mengemudi normal, refleks ini lebih lambat dan saat itulah mengemudikan mobil tidak boleh terlalu cepat.

Jika posisi sudah pas, ubah gigi mobil manual menjadi posisi R dan tempatkan mobil pada tempat parkir yang sudah tersedia. Dapat juga memundurkan mobil, jadikan setir sebagai patokan kelurusan mobil.

Perlu diperhatikan juga, saat mobil dalam keadaan mundur kita harus dalam konsentrasi yang baik, sigap dan siaga untuk mengemudikan mobil. Perhatikan pojok kiri & pojok kanan mobil dan pada bagian belakang mobil perhatikan jangan sampai membentur mobil lainnya.

Selain itu cobalah juga untuk belajar melihat cukup dengan kaca spion kanan, kiri dan kaca spion tengah. Jika bagian mobil hampir mengenai objek lain, putaran setir perlu dikurangi.

Dengan begitu anda harus membagi konsentrasi antara pandangan ke belakang, injakan pedal kopling dan dengan sisi ujung depan pada mobil. Hal ini tidak mudah untuk pemula yang baru mengemudikan mobil, tapi semakin sering banyak latihan maka akan semakin terbiasa.

Parkir Mobil Serong

cara cepat belajar parkir mobil manual

Untuk parkir mobil serong, dilakukan saat dalam keadaan jalan yang sempit dan tidak memungkinkan untuk mundur lurus dengan keadaan tersebut.

Pertama dengan melaju sampai mobil di depan, banting stir ke kanan dan usahakan sampai bagian belakang mobil berada di garis sebelah kiri.

Putar stir ke kanan sambil mundur perlahan supaya dapat menyesuaikan garis yang ada di sebelah kanan dan kiri. Sesekali lihatlah spion supaya dapat memperkirakan jarak yang tepat pada tengah garis.

Mundurkan mobil sampai sensor parkir terdeteksi 0,5 meter atau sampai tembok sudah terlihat cukup dekat pada kamera parkir. Untuk posisi miring ini dapat juga turun langsung dari mobil untuk melihat jarak mobil dengan tembok belakang.

Parkir Mobil Paralel

cara parkir mobil matic di garasi sempit dan mall

Selain itu ada juga parkir paralel, parkir ini harus mementikan konsentrasi dan kita harus benar-benar yakin untuk mengambil keputusan. Jika sampai salah sedikit saja, mobil kita akan menyentuh kendaraan yang ada di belakang dan di depan. Oleh karena itu kita pasti harus bertanggung jawab jika hal itu sampai terjadi.

Untuk melakukan parkir paralel ini anda harus memajukan mobil sampai sejajar dengan mobil yang ada di depannya. Putar stir penuh ke arah kiri supaya dapat masuk dalam tempat parkir dan mundurkan secara perlahan.

Saat mobil sudah masuk dalam tempat parkir, bagian belakang mobil juga sudah cukup, putar stir ke kanan untuk posisi mobil menjadi lurus. Lihat posisi mobil kembali, jika masih terlalu menempel pada mobil lain majukan atau mundurkan mobil.

Itulah beberapa cara untuk parkir mobil, cukup mudah bukan? dapat dipelajari untuk anda yang merupakan pemula dalam mengendarai mobil. Jika masih tetap ragu dalam melakukan parkir sendiri, ada baiknya untuk berlatih dahulu di lapangan kosong. Untuk pembatas jalan dapat menggunakan bantuan botol air mineral.

 

 

Leave a Reply