Cara Kerja Ac Mobil

Cara kerja ac merupakan artikel yang akan mengulas berbagai macam informasi mengenai sistem kerja yang dimiliki oleh ac mobil. Bagi Anda yang ingin mengetahui cara kerja sebuah ac mobil dapat menyimak ulasan di bawah ini.

magnetic clutch cara kerja ac mobil

Ac mobil merupakan komponen yang biasanya terdapat dalam sebuah mobil. Rangkaian komponen tersebut berfungsi sebagai sistem pendingin yang berada di dalam mobil dan membentuk suatu kesatuan sehingga bisa bekerja dengan baik.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa cuaca yang panas dan terik sering kali kita hadapi, apalagi negara kita merupakan negara yang memiliki iklim tropis. Bisa Anda bayangkan bagaimana sebuah mobil tidak memiliki ac jika cuaca pada saat itu panas? Maka dari itu sebaiknya di dalam sebuah mobil disediakan sebuah ac mobil yang berfungsi untuk mengkal hawa panas dalam mobil.

komponen utama cara kerja kompresor ac mobil

Negara Indonesia memiliki iklim tropis

Meskipun memiliki bentuk yang kecil, tetapi ac memiliki fungsi yang sangat berguna. Jika tidak terdapat ac dalam mobil maka tubuh akan merasakan hawa panas yang menyengat. Maka dari itu komponen dalam mobil yang kecil ini tidak boleh diremehkan.

Sebagai bagian dalam mobil, ac memiliki beberapa rangkaian yang terdiri dari beberapa komponen. Komponen-komponen tersebut merupakan komponen yang membuat ac bisa mengeluarkan hawa dingin sekaligus dijadikan sebagai sistem pendingin dalam mobil.

Komponen yang Terdapat Pada AC

cara kerja sistem ac mobil freon katup ekspansi

Komponen yang terdapat pada AC

Meskipun dari luar ac memiliki bentuk yang simpel dan kecil, akan tetapi ac memiliki rangkaian komponen yang membuat sistem pada ac tersebut bekerja sehingga ac dapat mengeluarkan hawa sejuk. Komponen-komponen yang terdapat dalam ac tersebut sangat banyak dan beragam.

Masing-masing komponen dalam ac memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Maka dari itu masing-masing komponen yang dimiliki oleh ac harus dapat bekerja dengan baik agar ac memiliki fungsi yang seharusnya. Berikut adalah rangkaian-rangkaian yang terdapat dalam ac :

1. Kompresor

expansi evaporator cara kerja ac mobil double blower

Komponen yang terdapat dalam ac mobil terdiri dari kompresor. Kompresor merupakan mesin yang memiliki fungsi sebagai pendingin atau pemompa freon yang memberikan rekanan pada ac mobil sesuai dengan tekanan yang dibutuhkan. Kompresor ac memiliki fungsi untuk memompa freon menuju kondensor ac melewati sebuah saluran pipa ac.

2. Kondensor

cara kerja sistem ac pada mobil motor blower

Komponen selanjutnya adalah kondensor. Kondensor merupakan komponen pada ac yang memiliki fungsi merubah gas freon menjadi suhu yang lebih tinggi yang sebelumnya telah dipompa oleh kompresor sehingga menjadi cair. Hal tersebut terjadi karena terdapat pelepasan panas ke udara melalui sekat-sekat di kondensor.

3. Dryer atau Filter

cara kerja ac pada mobil xenia yaris amplifier

Dryer atau Filter merupakan komponen selanjutnya pada ac yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang beredar di dalam sistem ac tersebut. kotoran yang beredar di dalam sistem pendingin ac membuat penyumbatan pada udara yang keluar. Selain itu kotoran yang beredar juga dapat menjadi sumber penyakit.

4. Katup Expansi atau Expansi Valve

cara kerja evaporator ac mobil pdf secara singkat

Komponen selanjutnya yaitu terdapat katup ekspansi atau ekspansi valve. Komponen ini memiliki fungsi untuk mengalirkan freon cair yang bertekanan tinggi dari receiver dryer menuju evaporator.

5. Evaporator

gambar cara kerja ac mobil avanza honda jazz

Dan komponen terakhir yang terdapat pada ac adalah evaporator. Evaporator pada sistem pendingin ac berfungsi untuk menyerap panas dari udara luar yang dialirkan ke dalam sistem pendingin. Pada saat mengalirkan udara dari luar proses tersebut diserap melalui sekat-sekat yang terdapat pada sistem pendingin ac ini.

Sistem pendingin ac memang lekat kaitannya dengan komponen-komponen yang menyusunya, komponen-komponen tersebut saling bekerja sama dengan baik untuk membuat sistem kerja ac bekerja dengan maksimal. Jika terdapat komponen-komponen yang sudah dijelaskan tadi maka sistem pendingin ac tidak akan dapat bekerja dengan maksimal.

Cara Kerja Ac Mobil

bagaimana cara kerja thermostat ac mobil bus crv

Bagi Anda yang sering menggunakan mobil pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem pending ac (air conditioner). Sistem pendingin yang satu ini memiliki fungsi untuk menyegarkan hawa di dalam mobil, terutama pada saat cuaca terik dan panas. Maka dari itu ac (air conditioner) merupakan komponen utama yang harus terdapat dalam mobil.

Di atas tadi sudah dijelaskan bahwa ac terdiri dari komponen-komponen yang menyusunnya sehingga ac dapat bekerja seperti saat ini. komponen-komponen tersebut memiliki tugasnya masing-masing. Adapun cara kerja ac mobil akan dijelaskan dibawah ini.

1. Kompresor Memompa Mesin Pada Ac

Kompresor air merupakan dasar utama dalam proses penggerakan mesin ac. Kompresor air memompa dan menggerakan serta mensirkulasikan media pendingin (freon/refrigerant) yang masih berbentuk gas ke dalam sistem tekanan yang rendah. kemudian gas tersebut dipompa menuju kompresor ac yang memiliki tekanan yang tinggi. Kemudian gas tadi diubah ke dalam bentuk yang cair.

2. Freon Dialirkan Melalui Receiver Dryer

Kemudian freon yang sudah di ubah ke dalam bentuk cair tersebut dialirkan menuju receiver dryer/ filter. Hal tersebut merupakan cara yang dilakukan untuk menyaring kotoran-kotoran yang terdapat pada sistem pendingin ac. Penyaringan yang dilakukan tersebut juga menyaring uap air yang beredar dalam sistem. Kotoran-kotoran yang disaring tersebut berfungsi sebagai proses filterisasi dari mesin pendingin.

3. Media Pendingin Dialirkan Menuju Katup Expansi (Expansi Valve)

Selanjutnya setelah melewati media filterisasi yang terdapat dalam komponen receiver dryer atau filter, media pendingin yang sudah dibersihkan dari kotoran tersebut dialirkan menuju katup expansi.

Katup expansi merupakan komponen yang berfungsi untuk menurunkan tekanan serta temperatur media pendingin. Tekanan yang turun otomatis akan membuat temperatur juga turun. Hal tersebut diakibatkan karena media pendingin berubah menjadi kabut yang memiliki temperatur yang rendah.

4. Media Pendingin Dialirkan Menuju Evaporator

Media pendingin yang sudah berubah temperatur serta tekanannya kemudian diarahkan untuk menuju evaporator. Evaporator merupakan proses terakhir yang dialami oleh siklus pendingin ac (air conditioner). Evaporator berfungsi untuk memberikan hawa yang sejuk ketika kita menyalakan ac dalam mobil.

Media pendingin kemudian dialirkan menuju evaporator dengan melewati sekat-sekat yang terdapat dalam evaporator tersebut. sekat-sekat yang terdapat dalam komponen evaporator itu berfungsi untuk mengubah hawa panas menjadi dingin dengan melalui penyerapan sehingga hawa panasnya dapat menurun.

Udara yang temperaturnya sudah menurun kemudian dialirkan untuk menuju ruang kendaraan mobil sehingga kita dapat merasakan sejuknya hawa ac seperti sekarang ini.

Tidak hanya itu saja, di dalam evaporator kemudian terjadi perubahan media pendingin yang tadinya berbentuk kabut saat berada di katu expansi (expansi valve) kemudian berubah menjadi gas. Sehingga media pendingin yang berubah tersebut disirkulasikan ke dalam sistem pendingin.

Proses atau cara kerja yang sudah kami jelaskan di atas merupakan cara kerja ac di mobil. Cara kerja sistem tersebut sangat rumit, akan tetapi masing-masing dari komponen yang terdapat dalam ac mampu bekerja sama dengan baik sehingga ac dapat berfungsi seperti yang telah sering kita rasakan. Demikianlah informasi yang kami berikan. Semoga informasi tersebut bermanfaat.

 

Leave a Reply