Cara Membuat Mobil dari Kardus

Saat ini banyak cara untuk membuat kerajinan tangan atau yang lainnya yang kemudian dijual untuk menghasilkan uang kembali.

Banyak bentuk kerajinan yang dapat membantu perekonomian dari sang pengrajin tersebut. Tidak lepas juga dari pembuatan mobil dari kardus yang saat ini sudah mulai populer dan cukup banyak diminati baik untuk dijual atau hanya untuk bersenang-senang bersama anak tercinta dalam mengkreasikan kreatifitas mereka.

Mobil kardus sendiri merupakan sebuah karya dari kerajinan tangan yang cukup menyenangkan dan mudah untuk dibuat sendiri. Terutama untuk menuangkan kreatifitas dari anak bersama bunda. Hal ini akan membantu perkembangan anak selama masa pertumbuhan tersebut.

Cara Membuat Mobil dari Kardus

cara membuat miniatur mobil dari kardus yang mudah

Kardus merupakan bahan yang umum ditemukan di sembarang tempat. Tahukah kamu kalau kardus juga bisa dibuat menjadi mobil ? simak langkah membuat kardus menjadi mobil seperti berikut.

1. Siapkan Kardus Bekas

cara membuat lintasan mobil dari kardus

Untuk menyiapkan kardus bekas ini cukup mudah, karena dapat ditemukan di banyak tempat. Kardus ini tidak lepas dari kebutuhan masyarakat karena merupakan salah satu benda yang memiliki fungsi untuk mengemas barang sebelum dikirim.

Kardus ini juga dapat dimanfaatkan untuk media penyimpanan barang bekas dan dapat digunakan sebagai bahan kerajinan membuat mobil dari kardus. Untuk membuat mobil dari kardus ini tidak harus kardus baru, tapi menggunakan kardus bekas yang sudah menumpuk dan tidak terpakai lagi.

Untuk membuat mobil seukuran anak kecil, dapat menyiapkan kardus yang lebih besar dan untuk membuat mobil mainan dapat menggunakan kardus kecil. Bunda dan anak dapat mengkreasikan kardus bekas ini sesuka hati dalam membuat mobil.

Selain menyiapkan kardus kecil atau besar, pilih juga beberapa kardus dengan singal face corrugated, single wall, double wall carrugated dan tripel wall corrugate.

Single face merupakan kardus yang memiliki satu lapisan bergelombang, tidak kuat jika digunakan untuk pengiriman barang karena teksturnya yang lentur dan cocok untuk pelindung gelas atau piring.

Single wall corrugatet memiliki 3 lapisan, seperti lapisan atas datar, tengah bergelombang dan bawah datar. Jenis kardus ini berbahan tipis biasa digunakan untuk pengiriman dalam kota.

Kardus jenis double wall memiliki 7 lapisan digunakan untuk pengiriman barang ke dalam dan luar negeri, bahannya kuat dan tebal.

Kardus Triple wall memiliki sepuluh lapisan, kardus ini merupakan kardus yang dapat digunakan untuk pengiriman barang, cocok untuk digunakan untuk pengiriman barang ekspor dan merupakan kardus yang paling kuat daripada kardus lainnya.

Selain itu untuk membuat mobil dari kardus, dapat menggunakan kardus dari bekas apa saja. Penggunaan kardus ini juga tergantung kebutuhan untuk membuat mobil tersebut.

Pemilihan ini dilakukan karena tidak semua kardus memiliki kualitas yang bagus untuk dijadikan kerajinan tangan dan banyak jenis kardus juga yang harus dipilih seperti adanya kardus mudah rusak saat ditindih atau kardus yang sensitif dengan air.

2. Hal-hal yang Perlu Disiapkan

cara membuat keterampilan mobil dari kardus

Untuk membuat mobil kardus, tidak hanya harus menyiapkan kardus saja, tapi juga menyiapkan selotip, gunting, piring kertas atau kertas karton, penggaris dan lem. Untuk as dapat menggunakan tusuk sate, sedotan, pensil atau pulpen.

Untuk pewarnaan dapat menggunakan spidol, cat jenis tempera paint atau finger paint dan krayon. Penggunaan cat untuk warna dapat dipilih sesuai keinginan dan aman untuk anak. Siapkan juga perlengkapan untuk mengecat seperi tinner dan kuas.

3. Buat Pola Pada Kardus

cara membuat kerajinan mobil dari kardus

Untuk membuat pola, terlebih dahulu rekatkan kardus yang akan digunakan menggunakan selotip. Berikan selotip pada bagian bawah dan atas kardus supaya tertutup sempurna.

Gambarlah pintu pada kedua sisi kardus, untuk membuat pola mobil kardus tarik garis dari bagian atas kardus supaya pada bagian datar seperti ada di bagian atas. Selesai membuat pola, potong pola yang sudah dibuat tersebut menggunakan cutter.

4. Memotong Pola Kardus

cara membuat hasta karya mobil dari kardus

Potong juga kaca bagian depan, untuk memotong bagian ini dimulai dari sisi pintu mobil terlebih dahulu kemudian potong secara melintang dari pintu lainnya.

Jangan memotong kardus semuanya sekaligus, sisakan 1 sisi pada bagian depan kardus supaya tetap dapat terhubung dengan badan kardus tersebut. Lipat, rekatkan kaca depan dengan mengangkat bagian kaca depan yang sudah dibuat atau lipat keatas. Rekatkan kaca menggunakan selotip untuk melindungi kaca tersebut.

Anda juga dapat membuat sebuah jendela menggunakan kaca depan. Lipat potongan pada bagian belakang mobil sampai terbentuk sebuah kursi .

5. Pemberian Warna

cara membuat miniatur mobil lamborghini dari kardus

Setelah pola, pemotongan, lipatan sudah selesai tinggal mewarnai mobil menggunakan cat yang anak sukai. Selain itu penggunaan cat ini juga dapat membantu anak mengembangkan warna mereka pada sebuah benda.

Untuk warna dapat menggunakan cat jenis finger paint atau tempera paint. Dapat juga menambahkan beberapa detail untuk hiasan pada mobil tersebut. Detail yang diberikan dapat dengan berbagai macam kreatifitas anak yang dapat dituangkan dalam pembuatan mobil dari kardus tersebut.

6. Tahap akhir

cara membuat celengan mobil dari kardus bekas

Setelah pemberian warna dapat pula ditambahkan gelas kertas pada bagian depan mobil untuk digunakan sebagai lampu. Rekatkan sampai kedua gelas menempel dan buat bagian lebar gelas mengarah ke depan.

Gunakan juga dua tutup botol untuk membuat lampu belakang dan sein pada mobil kardus tersebut.

Untuk bagian roda dapat menggunakan piringan kertas atau karton, rekatkan di keempat sisi roda.  Untuk membuat interior mobil, gunakan karton atau kain sebagai dashboard dan piring kertas sebagai setir. Berikan mobil kardus ini logo dan mobil kardus siap digunakan untuk mainan.

Membuat Mobil Kardus Lainnya

cara membuat arena mobil dari kardus bekas

Untuk membuat kerajinan tangan dari kardus ini juga banyak sekali mobil yang dapat dibuat, masing-masing pembuatan juga memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda dan hasilnya tergantung dari tingkat kesulitan tersebut.

Selain itu ada juga beberapa cara untuk membuat mobil kardus berukuran kecil menggunakan kotak tisu atau kotak susu. Mobil truk menggunakan kardus, miniatur mobil dari kardus dan mobil pemadam kebakaran dari kardus.

Untuk membuat mobil dengan kardus kecil, buatlah celah kecil pada kedua bagian sisi kardus. Lipat bagian depan kardus yang sudah dipotong ke arah bawah kardus, buat bagasi mobil terlebih dahulu.

Buat juga lubang pada kedua sisi mobil untuk diberikan roda, cara melubangi dapat menggunakan ujung gunting yang tajam. Masukan tusuk sate sebanyak 2 buah untuk digunakan sebagai as, buat 4 pola roda dan potong dengan diameter sama.

Pasangkan keempat roda pada as menggunakan tusuk sate, hiasi mobil dengan cat, crayon, spidol, stiker atau menggunakan kertas berwarna.

Kira-kira begitulah cara membuat mobil dari kardus. Jadi menurut Anda langkah manakah kira-kira langkah yang paling sulit? Anda dapat memilih sendiri menggunakan cara yang lebih mudah untuk membuat mobil dari kardus ini dan mempelajari langkah yang sulit tersebut dengan baik supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

 

 

 

Leave a Reply