29 Macam Beladiri Terbaik, Terkuat dan Paling Mematikan di Dunia

Beladiri Terbaik, Terkuat dan Paling Mematikan di Dunia – Beladiri adalah sebuah seni mepertahankan diri dari ancaman serangan manusia atau lainnya. Secara luas, beladiri berarti metode apapun yang dipakai oleh manusia dalam mempertahankan dirinya dari serangan musuh. Beladiri diperlukan dalam menghadapi kondisi yang tak diinginkan, seperti pemalakan, perampokan dll.

Selain untuk membela diri, fungsi lain dari beladiri adalah untuk menyehatkan dan memperbaiki metabolisme tubuh. Pada dasarnya gerakan beladiri adalah gerakan olahraga, karena itu dengan rutin berlatih beladiri Anda akan mendapatkan rasa aman dan juga tubuh yang sehat.

Asal mula ilmu beladiri sebenarnya dari pertama kali ada manusia, karena memang sejak awal manusia memilki musuh berupa manusia lain maupun hewan liar. Peperangan juga terjadi dari zaman dulu hingga zaman sekarang.

Namun menurut legenda, sejarah dari semua jenis beladiri yang dikenal saat ini berasal dari India. Namanya adalah Bodhidharma atau Daruma Taishi atau Tatmo Chouwsu yang hidup pada abad ke 6 masehi. Untuk menyebarkan agama budha ke China, Bodhidharma melakukan perjalanan berbahaya dengan menelusuri hutan belantara perawan dengan berjalan kaki seorang diri. Perjalanan yang Bodhidharma sangatlah sulit, hutan belantara perawan dikenal penuh dengan 1001 marabahaya termasuk banyaknya binatang buas. Tetapi karena tingginya ilmu beladiri yang dimilikinya, maka Bodhidharma berhasil tiba di China.

Terdapat bukti sejarah yang menunjukan bahwa sekitar tahun 520 Masehi, seorang pendeta asal India yang bernama Daruma (nama lain dari Bodhidharma) dilahirkan di kanchipuran dan telah melakukan perjalanan ke kota Kanton di China. Disana Daruma bertemu dengan kaisar dari dinasti Liang yang bernama Wu Ti. Lalu Daruma melanjutkan perjalanan kerajaan Wei untuk mendirikan kuil tempat pengembangan ajarannya. Jika legenda ini memang benar, kuil yang didirikan Daruma adalah kuil shaolin.

Hal pertama yang ia lakukan pada murid-muridnya adalah melatih spiritualnya. Namun lama kelamaan murid-muridnya malah sakit-sakitan. Karena itu Daruma memutuskan untuk melatih jasmani murid-muridnya dengan ilmu beladiri yang dipercaya sebagai sumber dari semua seni beladiri yang ada di dunia yaitu kungfu Shaolin.

Gerakan kung fu Shaolin berdasarkan pada gerakan binatang, yaitu: Macan, Beruang, Monyet, Bangau dan Rusa. Awalnya keseluruhan teknik kung fu dibedakan jadi 2 kelompok:

  • Teknik keras: Go – ho
  • Teknik lembut: Ju – ho

Waktu terjadinya pembakaran kuil Shaolin oleh tentara kerajaan, sebagian besar dari biksu Shaolin terbunuh. Namun masih ada yang lolos dari pembasmian tersebut dan lari dari dataran China. Pelarian inilah yang menjadi asal dari seluruh seni beladiri yang dikenal di dunia.

Mereka yang lolos dari pembakaran kuil Shaolin inilah yang akhirnya melahirkan berbagai macam seni beladiri yang dikenal sekarang.

Berikut adalah 29 jenis beladiri terbaik di dunia:

1. Marine Corps martial arts program (MCMAP)

via: wikipedia.com

via: wikipedia.com

Sejak tahun 1775, setiap anggota marinir di Amerika diwajibkan mengikuti minimal 2 program beladiri per tahun. Para marinir yang ditugaskan di berbagai daerah mempelajari berbagai beladiri militer lalu beladiri tersebut digabungkan dan lahirlah Marine Corps Martial Arts Program (MCMAP).

MCMAP adalah beladiri andalan pasukan Marinir di Amerika. Beladiri merupakan gabungan dari berbagai beladiri yang dikenalkan pertama kali pada tahun 2002. Beladiri ini memiliki gerakan membunuh dan agresif, diajarkan pula cara membunuh musuh sekaligus merebut senjata mereka dengan cepat.

Pada MCMAP, diajarkan keahlian bertarung menggunakan tangan kosong, senjata seadanya, bayonet dan gagang senapan. Jika anda menggunakan teknik MCMAP pada seseorang, pilihan yang tersisa hanyalah orang tersebut mati atau tersiksa. Bahkan bisa saja orang tersebut tersiksa sampai mati. Mungkinkan MCAMP ini dipelajari sebagai beladiri Polri di Indonesia?

2. Systema

via: systemaspetnaz.com

via: systemaspetnaz.com

Beladiri ini adalah beladiri andalan dari pasukan khusus rusia atau disebut juga sebagai Spetnaz. Beladiri ini lahir pad atahun 1917 oleh kaum komunis yang tengah ditekan oleh kekaisaran Rusia.

Beladiri ini merupakan beladiri yang brutal. Menyerang titik terlemah lawan secara langsung. kuncian, bantingan dan cekikan lazim digunakan pada beladiri Systema.

3. SOCP

via: theballiscticblog

via: theballiscticblog

Special Operations Combatives Program atau disingkat SOCP, adalah beladiri andalan dari pasukan khusus Amerika seperti Special forces, Delta Force dan Navy Seals. SOCP merupakan beladiri campuran yang lahir pada tahun 2010

Tujuan dari SOCP adalah agar para pasukan khusus dapat mengalahkan lawan dengan cepat dan merebut senjata dari tangan lawan dengan menggunakan tangan kosong.

4. Merpati putih

via: merpatiputihits

via: merpatiputihits

Merupakan salah satu beladiri pencak silat tangan kosong, mulai terbentuk sekitar tahun 1550an. Menggunakan tenaga dalam sebagai teknik andalan, karena itu penggunanya memiliki ketahanan fisik diatas rata-rata. Beladiri Indonesia ini juga sudah menyebar sampai ke negara tetangga.

TNI dan Kopassus termasuk satuan militer yang menggunakan beladiri merpati putih ini. Beladiri TNI ini sangat mematikan, terbukti dengan digunakan oleh kopassus saat beroperasi di wilayah Indonesia timur dan teruji mampu mengetahui kedatangan musuh dengan teknik getaran. Beladiri kopassus ini bisa Anda temukan di berbagai kota besar di Indonesia.

5. Krav maga

via: youtube.com

via: youtube.com

Beladiri Krav maga adalah cikal bakal dari beladiri campuran yang sering digunakan oleh militer, penciptanya adalah LIchtenfeld. Beladiri Israel ini sangat berbahaya, brutal dan kejam. Mengalahkan lawan dengan cara yang “tabu”, seperti menggunakan cekikan, tusukan ke mata, dan menyerang kemaluan. Beladiri ini biasa digunakan oleh pasukan khusus israel seperti syahtetet 17 dan sayeret matkal. Beladiri Israel ini juga dapat Anda temukan di Indonesia.

6. Kung fu

via: finishlinept.com

via: finishlinept.com

China sebagai pusatnya beladiri tentu membekali para prajurit militernya dengan beladiri Kung fu. Banyak sekali cabang dari Beladiri Kung fu, yang cukup terkenal adalah Ba ji quan, Shaolin do, beladiri Wing chun dan Wudang. Tapi sekarang China mengembangkan beladiri campuran/ Mixed matrial Art seperti SOCP, krav maga dan systema.

7. Kalarippayattu

via: wikimedia.org

via: wikimedia.org

Seni beladiri tradisional ini berasal dari kerala, India selatan pada tahun 1362 Masehi. Berasal dari kata kalari yang berarti arena tempat bertarung dan pertempuran. Seni beladiri ini diakui sebagai salah satu beladiri tertua di dunia.

Beladiri ini juga memadukan unsur agama dan pengobatan. Tekniknya diantaranya lari, lompat dan koprol. Menggunakan sejata seperti pisau, pedang, tombak, gada, panah dan lainnya.

8. Shorinji kempo

via: flickr.com

via: flickr.com

Shorinji kempo adalah beladiri yang dibentuk oleh So Doshin sebagai sistem pelatihan dan pertahanan diri. Didirikan pada tahun 1947 di kota Todatsu, Kagawa, Jepang. Shorinji kempo berasal dari kata sho = hutan, rin = bambu, ji = kuil, ken = aturan dan kempo yang bermakna “jalan hidup”. Tekniknya terbagi menjadi Goho (kasar), Juho (halus), seiho (totokan). Beladiri Jepang ini sangat terkenal dan mudah dijumpai di berbagai daerah.

Goho terdiri dari pukulan, tendangan dan tangkisan, Juho terdiri dari bantingan, tangkapan, kuncian dan lemparan, sedangkan seiho merupakan totokan maupun pijatan pada bagian tubuh tertentu yang dapat berfungsi ganda, bisa untuk melumpuhkan lawan dan dapat juga digunakan untuk pengobatan. Tetapi teknik seiho baru akan diajarkan jika seorang praktisi kempo sudah menguasai goho dan juho dengan sempurna.

9. Taekwondo

via: martialartsguy.com

via: martialartsguy.com

Beladiri Taekwondo memiliki arti Seni bela diri yang menggunakan kaki dan tangan, namun walaupun begitu, gerakan Beladiri Taekwondo lebih banyak menggunakan kaki. Beladiri Taekwondo berasal dari Korea dan cukup terkenal dengan tendangan yang menggabungkan antara kekuatan mental dan keterampilan fisik ketika menggunakannya.

Beladiri Taekwondo berfokus pada keseimbangan, stamina, kecepatan dan fleksibilitas. Beladiri ini meningkat tajam setelah perang dunia II dan menjadi salah satu seni beladiri paling populer yang memiliki lebih dari 30 juta anggota di 100 negara.

Beladiri korea ini sangat populer sampai-sampai sangat mudah dijumpai di Indonesia.

10. Karate

via: smfitness.net

via: smfitness.net

Merupakan Beladiri yang berasal dari Jepang, beladiri Karate terkenal dengan pukulannya yang mematikan. Seni beladiri ini sedikit dipengaruhi oleh Kempo dari China. Beladiri Karate masuk ke Jepang lewat pulau Okinawa dan berkembang di pulau Ryukyu. Beladiri Karate memiliki 4 aliran yaitu: Shotokan, Goju-ryu, Shito-Ryu dan Wado-Ryu. Sebagian besar gerakan beladiri karate mengandalkan kekutan tangan. Beladiri Karate cukup terkenal di Indonesia karena hampir setiap sekolah memiliki olahraga ini.

11. Muay Thai

via: teambalanceharrisburg.com

via: teambalanceharrisburg.com

Beladiri Muay thai merupakan olahraga yang berasal dari negeri 1000 pagoda, Thailand. Sekarang ini olahraga bergenre beladiri praktis atau boxingsedang diminati, karena selain membuat badan menjadi kuat dan sehat, beladiri jenis ini juga dapat membentuk tubuh menjadi ideal. Beladiri boxer ini dapat Anda temukan di Indonesia.

Berasal dari kata mayva (muay) dan Thai yang merupakan nama dari suku di Thailand. Berkembang kurang lebih sekitar 1 abad yang lalu dan sekarang menjadi olahraga nasional negara Thailand. Beladiri Thailand ini menjadi sangat populer ketika Film Ong Bak naik daun beberapa waktu lalu.

Beladiri Muay thai banyak melakukan gerakan sikutan dan tendangan, gerakan Beladiri Muay thai mengandalkan 8 titik pada tubuh, yaitu: kedua kepalan tangan, kedua sikut, kedua kaki dan kedua lutut.

12. Ninjutsu

via: ninjagym.com

via: ninjagym.com

Ninjutsu atau seni pergerakan sunyi, merupakan teknik beladiri yang digunakan oleh mata-mata Jepang atau lebih dikenal dengan sebutan Ninja. Keahlian utama dari Ninja bukanlah membunuh melainkan menyusup dengan atau tanpa suara.

Gerakan beladiri ninjutsu berupa tendangan, patahan, lemparan dan serangan. Lalu dilengkapi pula dengan teknik pertahanan diri seperti bantingan berputar dan beberapa teknik lainnya. Dalam praktiknya, Ninja menghindari kontak langsung dengan musuhnya, , karena itu berbagai alat seperti tombak, lempar dan shuriken lebih sering digunakan.

Berbeda dengan beladiri lainnya, Ninjutsu banyak mengajarkan teknik spionase, sabotase dan melumpuhkan lawan. Sekarang Ninjutsu banyak diikuti oleh remaja di Amerika Utara.

13. Wing Chun

via: kiaikick.files.wordpress.com

via: kiaikick.files.wordpress.com

Dikenal juga sebagai Wing Tsun atau Ving Tsun yang berarti “musim semi abadi”. Adalah beladiri spesialis jarak dekat, memakai pukulan yang cepat, tendangan dengan pertahanan yang ketat. Beladiri Wing chun menggunakan koordinasi antara serangan dan pertahanan serentak.

Beladiri Wing chun adalah seni beladiri yang dipelajari Bruce Lee ketika muda. Bruce lee mempelajari beladiri Wing chun dari sang master langsung yang bernama Ip Man. Kisah Ip man sendiri telah menjadi film yang cukup populer. Film IP MAN yang dibintangi oleh Donnie Yen merupakan Film beladiri terbaik yang cocok Anda tonton dikala senggang.

14. Kick Boxing

via: appfox.net

via: appfox.net

Kick Boxing adalah beladiri yang mengandalkan pukulan dan ko. Berlatih kickboxing memiliki beberapa keuntungan, diantaranya adalah dapat menurunkan berat badan, membentuk otot, melatih fleksibilitas otot dan melatih kecepatan serta ketangkasan.

Gerakan kickboxing kurang lebih sama seperti tinju, namun ditambah dengan tendangan kaki. Beladiri ini cukup digemari dan mudah ditemukan di tempat gym di kota-kota besar. Beladiri boxing ini termasuk aliran keras, siap-siap saja otot kram dan babak belur jika mempelajarinya.

15. Aikido

via: siamstarmma.com

via: siamstarmma.com

Seni beladiri asal Jepang ini diciptakan oleh Morihei Ueshiba pada era modernisasi Jepang sekitar tahun 1800an. Berbeda dari mayoritas beladiri yang biasanya mengutamakan kemampuan fisik dan kecepatan. Beladiri Aikido lebih memfokuskan pada penguasaan dan kesempurnaak teknik. Teknik yang diajarkan pada Beladiri Aikido lebih banyak dalam bentuk defensif atau counter attack, namun pada tingkat lanjut akan diajarkan teknik offensive. Teknik yang diajarkan diantaranya teknik elakan, kuncian, bantingan dan lemparan.

16. Judo

via: allbestmma.com

via: allbestmma.com

Judo adalah pengembangan dari seni beladiri kuno jepang yang bernama Jujutsu. Jujutsu merupakan seni menyerang dan bertahan menggunakan senjata pendek maupun tangan kosong yang dikembangkan menjadi Judo oleh Kano Jigoro pada tahun 1882. Teknik Judo berfokus pada bantingan dan kuncian. Namun Judo juga memiliki teknik menyerang dengan tendangan dan pukulan, bahkan ada juga serangan dengan senjata seperti pisau, pedang.

17. Jujutsu

via: youtube.com

via: youtube.com

Menurut wikipedia, jujutsu, jujitsu, jiujutsu adalah nama dari beberapa macam aliran beladiri yang berasal dari Jepang. Pada dasarnya Jujutsu adalah seni beladiri yang bersifat defensif dan memanfaatkan teknik yang bersifat fleksibel, yaitu mengalahkan musuh dengan kekutannya sendiri. Aikido dan judo merupakan beladiri yang lahir dari Jujutsu.

18. Brazilian jiu-jitsu

via: bronxmartialarts.com

via: bronxmartialarts.com

Beladiri ini merupakan pengembangan dari jiujitsu Jepang. Prinsipnya adalah “95% perkelahian di jalan akan berujung pada perkelahian jarak dekat dan berakhir di lantai”. Brazilian Jiu Jitsu banyak menggunakan cekikan dan kuncian, cocok digunakan untuk melawan musuh yang lebih besar dan lebih kuat.

19. Capoeira

via: gaiahealthblog.com

via: gaiahealthblog.com

Seni beladiri asal Brazil ini memiliki sejarah dan keunikan sendiri. Beladiri ini awalnya diciptakan oleh budak asal Afrika yang dibawa oleh orang Portugis ke Brazil untuk bekerja di perkebunan. Capoeira adalah beladiri yang dipadukan dengan tarian dan diiringi dengan musik. Gerakan mereka sangatlah lincah seperti penari, dulunya beladiri ini dilarang oleh pemerintah, karenanya mereka menyamarkannya seperti tarian.

20. Kyokushinkai

via: youtube.com

via: youtube.com

Salah satu dari aliran karate, didirikan oleh seorang Korea yang mengadopsi nama Jepang, yaitu Masutatsu Oyama. Aliran ini lebih menekankan pada full body contact yaitu latih tanding (sparring) tanpa menggunakan pelindung. Kyokushin berarti kebenaran tertinggi, yang diyakini sebagaimana karate seharusnya. Kyokushin menekankan pada kekuatan fisik dan pertarungan realistik.

21. Gulat

via: vikabom.blogspot.com

via: vikabom.blogspot.com

Wrestling atau Gulat adalah beladiri yang menggunakan kontak fisik antara dua orang, salah satu pegulat harus mengunci dan menjatuhkan musuhnya. Teknik yang digunakan adalah joint lock clinch fighting, leverage dan grappling hold. Teknik yang digunakan dapat menyebabkan cedera serius, karenanya jika ingin berlatih Gulat harus didampingi oleh instruktur terlatih.

22. Wushu

via: ytsports.com

via: ytsports.com

Berasal dari kata Wu dan Shu yang berarti seni. ilmu perang. Beladiri Wu shu bisa diajarkan untuk tujuan Beladiri maupun berperang. Seni beladiri ini berguna untuk kesehatan dan sebagai sarana untuk membela diri, Beladiri Wu shu juga dapat membangun sifat ksatria. Dahulu Wu Shu hanya dapat dipelajari oleh golongan tertentu, namun kini siapapun bisa berlatih Wu Shu. Beladiri Wu Shu memiliki 5 elemen utama, yaitu air yang melambangkan kehidupan, kayu yang melambangkan tulang dan otot, api melambangkan kekuatan dan ketangkasan, bumi melambangkan pertahanan dan logam yang melambangkan senjata.

23. Anggar

via: mldspot.com

via: mldspot.com

Salah satu dari ilmu beladiri yang menggunakan senjata berbentu pedang lancip. Menggunakan ketangkasan bersenjata dengan teknik memotong, menusuk dan menangkis. Anggar berasal dari kata dalam bahasa Perancis “En Garde” yang berarti bersiap. Kata tersebut digunakan sebelum permainan anggar dimulai untuk menandakan bahwa pertarungan akan dimulai.

24. Kempo

via: shorinjikempo.fi

via: shorinjikempo.fi

Salah satu dari sekian banyak beladiri yang berasal dari Jepang. Beladiri Kempo berarti permainan tangan, walaupun pada prakteknya kaki juga masih sering digunakan. Beladiri Kempo bukanlah nama dari satu aliran saja, tetapi beladiri kempo merupakan nama dari beberapa aliran beladiri tangan kosong seperti: Tenshin Koryu Kempo, Nihon Kempo, Kosho-ryu Kempo dan Shorinji Kempo.

25. Hapkido

via: martialartguy.com

via: martialartguy.com

Beladiri asal Korea ini diciptakan oleh Choi Yung Sul (1904-1986) yang hidupnya dipengaruhi oleh invasi Jepang ke Korea pada Perang Dunia lalu. Bergerak berdasarkan prinsip lingkaran dengan memanfaatkan kekuatan dari lawan. Teknik yang digunakan antara lain pukulan, kuncian, tendangan, bantingan dan senjata.

26. Sumo

via: blog.gaijinpot.com

via: blog.gaijinpot.com

Sumo adalah olahraga asli Jepang yang sudah dipertandingkan selama berabad-abad lalu. Olahraga ini dilakukan antar 2 orang pesumo berbadan gemuk yang saling dorong. Menang kalah ditentukan oleh siapa yang keluar dari lingkaran terlebih dahulu. Karena asli Jepang, olahraga ini erat hubungannya dengan tradisi asli Jepang, seperti menyebarkan garam sebelum bertanding untuk mengusir bala.

27. Tai Chi

via: youtube.com

via: youtube.com

Tajiquan atau lebih dikenal dengan Tai Chi merupakan beladiri gerak halus yang berasal dari China kuno. Awalnya yang berlatih Tai Chi adalah para lansia untuk alasan kesehatan, namun pada perkembangannya Tai Chi sekarang digunakan untuk beladiri.

Berbeda dengan beladiri lain yg mengandalkan otot, Tai chi mengandalkan gerakan halus dan pernapasan, walaupun gerakannya halus, sebenarnya pembakaran kalori dari berlatih Tai Chi selama 1 jam hampir sebanyak melakukan ski menuruni bukit.

28. Savate

via: londonsavate.co.uk

via: londonsavate.co.uk

Savate (dibaca “savat”), merupakan ilmu beladiri yang berasal dari Perancis, Beladiri ini menggunakan tangan dan kaki. Kata Savate juga berarti “sepatu tua” dalam bahasa Perancis, mungkin Savate adalah satu-satunya beladiri yang membolehkan petarungnya menggunkan sepatu selama latihan maupun tanding.

Berbeda dengan beladiri lain yang menggunakan lutut dan siku, savate hanya menggunakan tendangan kaki. Petarung pria disebut dengan savateur dan wanita disebut savateuse.

29. Beladiri… –

untuk sementara poin nomor 29 masih kosong, jika Anda mempunyai info mengenai beladiri yang cocok mengisi posisi kosong tersebut, jangan sungkan menghubungi kami melalui kolom komentar di bawah.

Menurut kami beladiri terbaik adalah beladiri yang dilatih konsisten setiap hari oleh penggunanya. Jangan terjebak dengan banyaknya waktu yang dihabiskan untuk berlatih, karena penentu kesuksesan dalam berlatih tidak hanya itu. Anda juga harus memilih asupan gizi dan cara berlatih yang tepat.

Asupan gizi akan dibahas di artikel lainnya, namun jika Anda ingin mengetahui cara latihan simpel dan tepat yang dapat merubuhkan lawan hanya dengan sekali pukul walau hanya berlatih memukul samsak selama 30 menit sehari, ada baiknya Anda baca artikel di bawah ini.

Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca terkhususnya para penikmat beladiri di seluruh tanah air.

72 Comments

  1. Astin 06/03/2016
  2. Elit Supriman 18/03/2016
  3. Ernawati Lilys 08/04/2016
  4. Faishol 10/04/2016
    • Kholis 11/04/2016
  5. Liswanti 11/04/2016
  6. angkisland 25/04/2016
  7. surya kusuma 15/06/2016
  8. dedi girsang 23/06/2016
  9. dhimdhim 09/07/2016
  10. remon 13/07/2016
  11. Hartono kwan 17/07/2016
  12. Ogi Lagali 23/07/2016
  13. Ogi Lagali 23/07/2016
  14. Ogi Lagali 23/07/2016
  15. karnata 28/07/2016
  16. boy 03/08/2016
  17. heri kurniawan 05/08/2016
  18. alwan 14/08/2016
  19. Rizal Septian 16/08/2016
    • dhesnata 1922 11/10/2016
  20. sahrul 16/08/2016
  21. adam 22/08/2016
  22. rabullizat 25/08/2016
  23. abdul 27/08/2016
  24. pratama ferdi 29/08/2016
  25. Angga 01/09/2016
  26. jonel 03/09/2016
  27. ibnu syahrul 09/09/2016
  28. _ 10/09/2016
  29. Fauzi 16/09/2016
  30. Fauzi 16/09/2016
  31. risko 16/09/2016
  32. Faisal afi. A 17/09/2016
  33. abdi 20/09/2016
  34. julio 22/09/2016
  35. inal 05/10/2016
  36. Rizky Gustian 09/10/2016
  37. Nastah 11/10/2016
  38. Hasim 12/10/2016
  39. Fadly 23/10/2016
  40. natalia sihombing 28/10/2016
  41. wak ata 30/10/2016
    • wak ata 30/10/2016
  42. Fajri 30/10/2016
  43. akbar ilmi 04/11/2016
  44. lya elya 06/11/2016
  45. Royhan luthfi maulana 26/11/2016
  46. didit 28/11/2016
  47. didit 28/11/2016
  48. aryo yustian 30/11/2016
  49. Leony 30/11/2016
  50. alvis 03/12/2016
  51. rafi dhiyaa 06/12/2016
  52. DANANG 12/12/2016
  53. Raden Mas Kanjeng Jabidin 13/12/2016
  54. Rizki yk 15/12/2016
  55. putra 17/12/2016
  56. raka b w 19/12/2016
  57. bagas 25/12/2016
    • Pashter Ronggolawe 30/12/2016
    • idos merpati putih kolat baturraden 21/01/2017
  58. Miftahu ni'amik 27/12/2016
  59. Afnizam 27/12/2016
  60. Novrindo Gabriel Panara Tarung 04/01/2017
  61. Maulana.iqbaal 07/01/2017
  62. Bayu 19/01/2017
    • Kholis 02/02/2017
  63. idos mp 21/01/2017
  64. anwar 05/02/2017

Leave a Reply