Perjanjian Versailles

No ratings yet.

Sejarah Perjanjian Versailles dan Dampaknya

Perjanjian Versailles merupakan sebuah perjanjian yang menandakan berakhirnya Perang Dunia I sekutu dengan Jerman. Melalui konferensi paris jerman menandatangani genjatan sejanta pada bulan November 1918 di Compiegne Forest.

Negara sekutu melakukan negosiasi pada 7 Mei 1919, disaat peringatan RMS Lusitania, aturan yang diterapkan yaitu Jerman menyerahkan sebagian wilayah ke beberapa negara tetangga dan juga melepaskan wilayah koloni serta dibatasinya tentara militer Jerman.

Dalam hal ini perjanjian Versailles tidak sebagian menyebutnya Mahkamah Agung Sekutu, karena pada perjanjian tersebut semua isi perjanjian ditetapkan oleh pihak negara-negara Sekutu, 28 Juni 1919 perwakilan Jerman diundang ke Versailles untuk menandatangani perjanjian tersebut.

Dalam perjanjian tersebut Jerman harus betanggung jawab penuh atas penyebab peperangan melalui pasal 231-247.

Latar Belakang Perjanjian Versailles

sejak adanya perjanjian versailles senjata ini dilarang digunakan

senjata ini dilarang penggunaannya sejak perjanjian versailles, via: upload.wikimedia.org

Pada tanggal 11 November 1918, perwakilan Jerman menandatangani gencatan senjata, dan dalam Perjanjian Versailles pada tahun 1919 para negara pemenang perang yaitu Amerika Serikat, Inggris Raya, Prancis, dan negara-negara sekutu lainnya memberikan ketentuan hukuman kepada jerman dalam kewilayahan, kemiliteran, dan juga ekonomi.

Sebagian barat, Jerman harus memberikan daerah Alsace-Lorraine ke Pranci serta Belgia hasil perjanjian tersebut mendapatkan Eupen dan Malmedy.

Dalam perjanjian tersebut Jerman telah kehilangan wilayah koloninya. Namun, sebenarnya perjanjian Versailles terjadi karena adanya perang dunia pertama yang tercetus karena pada perang dunia pertama Pangeran Franz Ferdinand dari Austro-Hongaria beserta istri mengalami pembunuhan di Sarajevo Bosnia yang dilakukan oleh nasionalis Yugoslavia dengan teroris Serbia Gavrilo Princip, 28 Juni 1914. Pada saat itu Bosnia salah satu kawasan Austriayang telah dituntut oleh Serbia.

Terjadinya ultimatum Habsburg terhadap Kerajaan Serbia, sehingga hitungan minggu saja peperangan pun tak terelakan. Sehingga konflik tersebut menyebar ke seluruh dunia, dengan melalui bantuan Jerman pihak Austria-Hungaria untuk memutuskan perang Serbia.

Pada tanggal 28 Juli 1914 Austria-Hungaria menyerang Serbia, pihak serbia dibantu Rusia ketika diserang oleh tentara Jerman.

Jerman, Austria-Hungaria, dan beberapa sekutunya merupakan Blok Sentral sedangakan negara-negara yang menentang mereka yaitu Blok Sekutu.

Peperangan berlanjut dan negara-negara lain pun ikut campur tangan. Seperti Italia bergabung yang bergabung dengan sekutu karena dan disusul pada tahun 1917, Amerika Serikat mengikuti perang dan memihak sekutu.

Isi Dari Perjanjian Versailes

perjanjian versailles ini ditanda tangani pada naskah ini

upload.wikimedia.org

Dengan pecahnya perang dunia yang pertama ini melatar belakangi perjanjian Versailles, dibawah ini isi perjanjian Versailles yaitu:

  1. Jerman harus memberikan daerah Elzas Lotaringen kepada Perancis, daerah Eupen, Malmedy, dan Meresnet kepada Belgia, daerah Prusia Barat dan Posen kepada Polandia serta penyerahan kota Danzig dengan wilayahnya muara sungai Wisla pada Laut Baltik menjadikan Freie Stadt Danzig sebagai kota merdeka yang dilindungi dibawah Liga Bangsa-Bangsa.
  2. Penyerahaan Jerman daerah Saar kepada Liga Bangsa-Bangsa atau LBB dalam waktu 15 tahun dan selanjutnya akan diadakan plebisiapakah rakyat memilih bergabung dengan Jerman atau Perancis.
  3. Penyerahan jerman daerah jajahannya ke sekutu yaitu Inggris, Perancis, dan Jepang.
  4. Jerman harus memberikan ganti rugi perang kepada negara-negara sekutu dengan besar yang harus dibayar 132 milyar mark emas.
  5. Jerman harus memberikan kapal dagangnya kepada sekutu Inggris.
  6. Angkatan perang Jerman diperkecil dan juga tidak mengadakan wajib militer.
  7. Dan daerah Rhein diduduki oleh sekutu.

Dibawah ini dampak dari Perang dunia ke 1, yang berakhir dengan perjanjian Versailles

Terjadinya Perang Dunia I menyebabkan kawasan Eropa hancur, terutama negara-negara yang terlibat perang didalamnya, dibawah ini daftar korban yang tewas dalam perang dunia pertaman, diantaranya:

  1. Pihak Britania dengan jumlah tentara tewas 750.000 orang serta 1.500.000 terluka.
  2. Pihak Perancis dengan jumlah tentara yang tewas 1.400.000 serta 2.500.000 terluka.
  3. Pihak Belgia dengan tentara yang tewas 50.000 orang.
  4. Pihak Italia dengan tentara yang tewas 600.000 orang.
  5. Pihak Rusia dengan tentara yang tewas 1.700.000 orang.
  6. Pihak Amerika dengan terntara yang tewas 116.000 orang.

untuk pihak blok central, mengalami banyak yang tewas juga, diantaranya:

  1. Pihak Jerman dengan tentara yang tewas 2.000.000 orang.
  2. Pihak Austria-Hungaria dengan tentara yang tewas 1.200.000 orang.
  3. Turki dengan tentara yang tewas 325.000 orang.
  4. Bulgaria dengan tentara yang tewas 100.000 orang.

Total dari korban perang tersebut adalah 8.500.000 dengan yang 21.000.000 terluka.

Semoga Informasi Tadi Dapat Bermanfaat Bagi Kita Semua.

Please rate this

Leave a Reply