3 Teknik Berlatih Renang Gaya Bebas Beserta Perlengkapannya!

Berenang merupakan suatu olahraga yang menyenangkan, dikarenakan dapat menyehatkan sekaligus bermain dengan air. Berenang biasa dilakukan dengan berbagai gaya, salah satunya adalah renang gaya bebas.

Renang gaya bebas atau Crawl Stroke pada awalnya diperlombakan di London tahun 1844. Renang gaya bebas merupakan favorit para perenang, karena mudah dipelajari dan termasuk gaya renang tercepat.

Renang gaya bebas dilakukan dengan cara meluncur pada permukaan air, dengan dada menempel ke pada permukaan air, kepala masuk ke dalam air, serta posisi badan dan kaki lurus sejajar.

Baca juga:

 

Kedua tangan bergerak mengayuh ke depan secara bergantian, sementara kedua kaki dicambukan naik turun ke air secara bergantian.

Mengambil nafas pada renang gaya bebas dilakukan paling banyak sekali dalam satu kali gerakan. Namun bagi para perenang profesional, menarik nafas sekali dalam 8 gerakan adalah hal yang mudah. Satu kali gerakan maksudnya adalah gerakan kedua belah tangan dan kedua belah kaki.

renang gaya bebas - nafas

via: youtube.com

Pernafasan pada renang gaya bebas dilakukan dengan cara memalingkan wajah ke samping saat tangan keluar dari air. Perenang bisa memilih memalingkan wajah ke kiri atau ke kanan.

Berikut Adalah Teknik Dasar Renang Gaya Bebas:

Tanpa menggunakan teknik renang yang baik, anda bisa saja terkena cedera atau kram. Untuk itu, sebelum anda berenang gaya bebas, ada baiknya anda paham dulu cara penggunaannya.

Gerakan Kaki

renang gaya bebas - renang samping

via: wikipedia

Gerakan kaki ke air seperti orang sedang berjalan kaki atau mencambuk air. Posisi kaki dan paha harus lurus dengan dengkul tidak boleh ditekuk.

Selama menggunakan gerakan ini, kaki(dengkul ke bawah) tidak boleh ditekuk, jadi yang bergerak adalah pangkal paha.

Gerakan Tangan

renang gaya bebas - renang atas

via: wikipedia

Kedua tangan lurus sejajar di sebelah kepala, kedua telapak tangan berdekatan namun jangan sampai menempel
Tarik tangan kanan ke bawah dengan jari-jari rapat seperti selaput pada tangan dan kaki katak. Lalu tarik tangan sampai kebelakang (seperti sedang mengayuh).

Lalu tarik tangan kiri ke belakang menggunakan gerakan sama persis dengan tangan kanan. Ulangi gerakan berikut terus menerus.

Gerakan tangan selanjutnya dimulai ketika tangan satunya sudah kembali ke posisi awal (lulus kedepan sejajar dengan kepala).

Gerakan Kombinasi Tangan, Kaki dan Mengambil Nafas

Pada saat renang gaya bebas, kaki dan tangan terus menerus digerakan tanpa henti sampai ketempat tujuan (pinggir kolam renang). Pengambilan nafas dilakukan dengan cara menoleh kesamping kiri atau kanan.
Jika anda ingin mengambil nafas ke arah kanan, lakukan ketika tangan kanan sedang berada di atas(di ayunkan ke depan).

Begitu juga jika anda ingin mengambil nafas ke arah kiri, dilakukan ketika tangan kiri sedang berada di atas(di ayunkan ke depan).

Pengambilan nafas dilakukan setelah minimal setelah anda selesai melakukan 1 set gerakan (gerakan tangan kiri dan kanan). Namun bagi para perenang profesional, mengambil nafas ketika selesai melakukan 8 set gerakan bukanlah hal yang sulit.

Lebih jelasnya, silahkan lihat video berikut:

Perlengkapan Renang yang Digunakan

Kalau hanya untuk berenang di kolam renang menggunakan perlengkapan renang seadanya sudahlah cukup, namun tidak ada salahnya mencoba perlengkapan renang berikut yang dapat menambah kenikmatan berenang anda.

Ban

Ban renang sebenarnya adalah ban dalam mobil yang dialih fungsikan sebagai ban renang. Ban renang biasanya dipakai oleh anak kecil yang hanya ingin bermain-main di air tanpa harus takut tenggelam.

Kaca Mata Renang

Kaca mata renang cukup penting karena dapat membuat anda melihat dalam air dan melindungi mata anda dari iritasi. Harga kaca mata renang cukup variatif, cukup dengan 100rb rupiah anda sudah bisa membeli kaca mata renang yang cukup bagus.

Kaki Katak

Kaki katak adalah alat bantu renang yang membuat anda dapat melaju lebih cepat. Ini dikarenakan besarnya gaya dorong akibat adanya selaput pada sela-sela jari kaki. Biasanya kaki katak digunakan ketika menyelam, namun ada juga yang menggunakannya di kolam renang.

Pakaian Renang

Pakaian renang memiliki bahan khusus yang elastis dan cepat kering. Tentunya lebih baik berenang menggunakan pakaian renang dibanding pakaian sehari-hari.

Pakaian renang juga tersedia untuk anda yang ingin menutup aurat. Ada pakaian renang jilbab untuk wanita, ada pula celana panjang untuk pria.

Berenang itu menyenangkan dan menyehatkan, bahkan olahraga ini termasuk salah satu dari tiga olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

Jadi Kapan Anda Mulai Berenang?

Leave a Reply