5 Nama Atlet Renang Indonesia yang Berprestasi di Kancah Internasional!

Atlet Renang Indonesia pernah mengharumkan nama bangsa ini pada berbagai pertandingan internasional, siapa saja sih atlet renang tersebut? Simak ulasannya berikut ini:

Indonesia termasuk negara yang terkenal dalam olahraga bulu tangkis atau badminton. Namun siapa sangka, kalau dulu nama Indonesia pernah harum karena prestasi para atlet renangnya dalam ajang lomba regional maupun internasional.

Salah satu yang berprestasi adalah seorang wanita bernama Elsa Monora Nasution. Wanita kelahiran 25 Oktober 1977 ini pernah meraih juara satu dan mendapat medali emas pada ajang bergengsi SEA games. Selain itu ia juga pernah menjuarai beberapa perlombaan renang di tingkat Asia.

Selain Elsa, kakanya yang bernama Elfira Rosa Nasution juga merupakan perenang handal. Elfira pernah mencatat prestasi spektakuler pada tahun 1989, yaitu memecahkan 8 rekor tingkat nasional pada perlombaan PON (pekan olahraga nasional) di Jakarta. Tidak hanya itu, ia juga pernah mendapatkan beberapa medali pada ajang perlombaan Sea Games dan Asian Games.

atlet renang indonesia - renang

via: jualproduktiens.com

Prestasi Atlet Renang Indonesia

Apa saja sih prestasi para atlet renang Indonesia? Berikut info yang didapatkan dari Wikipedia.

Prestasi lengkap Elfira Rosa Nasution:

atlet renang ini bernama elfira rosa nasution

via: blogspot.com

Berikut adalah prestasi lengkap Elfira Rosa Nasution:

  • Atlet Terbaik Nasional SIWO/PWI Jaya (1980, 1981, 1983), mendapat 9 -medali emas dalam kejuaraan antar klub di Jakarta, 1983
  • PON XI, Jakarta, 1985, ia meraih 8 emas, 2 perak.

Saudari Elsa yang berprestasi di ajang perlombaan renang ternyata tidak hanya Elfira, namun ada lagi si bungsu yang bernama Kevin Rose Nasution. Iya, dia bernama Kevin, namun Kevin bukanlah pria, ia adalah seorang wanita tulen.

Prestasi lengkap Kevin Rose Nasution:

kevin rose nasution merupakan mantan atlet renang indonesia

via: msports.net

Dinamakan kevin karena sang ayah Raja Nasution menginginkan anak laki-laki. Kebetulan juga, waktu masih dalam kandungan ada seorang pesepakbola terkenal bernama Kevin. Jadilah ia diberi nama Kevin Rose Nasution.

Prestasi lengkap Yessy V Yosaputra:

yessy yosaputra pernah mengharumkan nama indonesia sebagai atlet renang

via: antaranews.com

Ada lagi atlet muda kelahiran 27 Agustus 1994 yang berhasil memecahkan rekor di ajang perlombaan Sea Games tahun 2011 saat usianya masih berumur 17 tahun. Ia bernama Yesy V Yosaputra.

Yessy Yosaputra berhasil memecahkan rekor yang sebelumnya belum pernah terpecahkan selama 18 tahun. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa.

Rekor yang dipecahkan oleh Yessy adalah renang nomor 200 meter gaya punggung putri, ia berhasil menyelesaikannya dalam waktu 2 menit 15,73 detik. Rekor sebelumnya dipegang oleh seorang perenang asal Filipina yang bernama Akiko Thomson dengan 2 menit 16,76 detik pada tanggal 13 Juni 1993.

Berikut adalah prestasi lengkap Yessy V Yosaputra

  • Juara 3 nomor 100 meter gaya bebas Horizon Cup 2001
  • Juara pertama 100 meter gaya punggung kelompok umur IV Kejurnas Renang 2007
  • Medali perak di nomor 200 meter gaya punggung PON 2008 Kaltim
  • Medali perak pada nomor 10.000 meter Asian Beach Games 2010 Oman
  • Medali emas nomor 200 meter gaya punggung SEA Games 2011 (rekor SEA Games)
  • Medali Perunggu 4 x 200m estafet gaya bebas putri SEA Games 2011

Selain para atlet renang wanita, Indonesia juga memiliki atlet renang pria yang berprestasi. Salah satunya adalah seorang pria kelahiran Makassar pada tanggal 21 Januari 1989 yang bernama Jessica P. Laurens.

Walaupun bernama Jessica, ia adalah seorang pria tulen. Pada tahun 2008, pria ini berhasil meraih medali emas tingkat nasional pada nomor 50 meter gaya kupu-kupu.

Prestasi lengkap Jessica P. Laurens:

Berikut adalah prestasi lengkap Jessica P. Laurens:

  • Rekor Kelompok Umur Nasional 50 meter gaya kupu-kupu 2008 (Emas)
  • Perenang Terbaik Kejurnas 2007 (Merebut 8 Emas)
  • Perenang Terbaik Indonesia Open 2006
  • Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan Seluruh Indonesia 2006, 2007

Prestasi lengkap I Gede Siman Sudartawa:

atlet renang indonesia pemenang sea games

via: sportanews.com

Selain Jessica, atlet renang pria berprestasi lainnya yaitu I Gede Siman Sudartawa dari Bali yang tinggal di Riau. I Gede berhasil memecahkan dua rekor gaya punggung dan ganti beregu pada Sea Games tahun 2011 lalu. Ia juga mendapatkan medali emas dan perak dalam berbagai kejuaraan.

Berikut adalah prestasi I Gede Siman Sudartawa:

  • Emas Porprov Bali 2009
  • 1 emas nomor 100 meter gaya punggung SEA Games 2011
  • 1 emas nomor 200 meter gaya punggung SEA Games 2011
  • 1 emas nomor 50 meter gaya punggung SEA Games 2011
  • 1 emas nomor 4×100 meter estafet gaya ganti beregu putra SEA Games 2011
  • Memecahkan rekor SEA Games di nomor 100 meter gaya punggung putra (55,59 detik)
  • Memecahkan rekor SEA Games di nomor 4×100 meter gaya ganti beregu putra (3 menit 41,35 detik)

Prestasi lengkap Felicia Tjandra:

Felicia Tjandra merupakan wanita kelahiran Surabaya, Jawa Timur pada tanggal 3 Maret 1992. Ia merupakan perenang berprestasi yang dibina oleh Elfira Rosa Nasution di klub Elfira Swima Gemilang (ESG).

Felicia masuk ke dalam program center of excellent karena prestasinya yang gemilang dalam usia muda. Lalu bersama dengan Bobby B. GUntoro, Seherly Yunita, Magdalena Sutanto dan Yulianan Malindha, ia tergabung dalam “Tim Renang Indonesia Bangkit” dan dikirim untuk berlatih renang serta pendidkan formal di Amerika oleh PB PRSI.

Berikut adalah prestasi lengkap Felicia Tjandra:

  • INVINAS 2003; 4 medali emas dan 2 perak
  • KRAPSI 2003; 2 medali emas dan 1 perak (junior)
  • PON XVI-2004; 1 medali emas
  • Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatra 2007; 7 medali emas, 1 perak, dan 1 perunggu

Prestasi lengkap Ahmad Rijali:

ahmad rijali merupakan atlet renang indonesia difabel

via: antarakalsel.com

Ahmad Rijali biasa dipanggil Utung adalah seorang pemuda yang memiliki cacat pada kakinya sejak lahir di Balangan, Kalimantan Selatan pada 2 Desember 1989 silam. lahir dengan kondisi seperti itu membuat hidupnya serba kekurangan. Namun ia bertekat bahwa kecacatan bukanlah akhir dari kehidupan.

Utung tinggal di sebuah perkampungan pada kawasan lereng Pegunungan Meratus. Kondisi ekonomi keluarganya tidaklah baik, ayahnya hanya seorang buruh sadap karet. Ia mencoba bertahan hidup walaupun dalam kondisi serba kekurangan. Ibunya Siji Jubaidah telah meninggal dunia.

Karena kemiskinan yang dideritanya, ia hanya mampu bersekolah hingga lulus Sekolah Dasar. Ia ingin melanjutkan sekolah namun niat itu ia urungkan karena tidak punya biaya.

Demi membantu ekonomi keluarga, utung bekerja sebagai pemancing ikan dengan cara “menyumpit”. Menyumpit adalah cara menangkap ikan dengan berenang di sungai air deras dengan alat yang disebut sumpit. Ia terlihat berenang kesana kemari dengan lincahnya di Sungai Pitap.

Aksinya ini lalu dilihat oleh dokter Ferry. Dokter Ferry adalah seorang pengurus organisasi atlet cacat kabupaten Balangan. Utung lalu diajak oleh bergabung dengan atlet cacat se kabupaten balangan oleh dokter Ferry.

Hari demi hari dilalui Utung dengan kehidupan seadanya, guna menopang kehidupannya, ia mencoba bekerja dengan memancing ikan, atau menangkap ikan dengan cara “menyumpit.” Menyumpit yakni menangkap ikan dengan cara berenang di air deras atau menyelam untuk menangkap ikan dengan dibantu alat atau senjata yang disebut sumpit. Ia pun terlihat berenang ke sana kemari di Sungai Pitap, anak Sungai Balangan yang berair deras dan berhulu ke Pegunungan Meratus.

Melihat kebiasanya berenang itulah yang kemudian diketahui oleh seorang pengurus organisasi atlet cacat Kabupaten Balangan, dokter Ferry. Kemudian ia berlatih renang di kolam renang Tanjung Kabupaten Tabalong. Melalui latihan keras itulah Utung berhasil meraih medali pada kejuaraan renang.

Berikut Prestasi lengkap Ahmad Rijali:

  • Medali perunggu Asean PARA Games 2011 atau Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara 2011 nomor renang 50 meter gaya punggung kelas s8
  • Medali emas Pekan Paralimpiade Nasional kelas S8 gaya punggung 100 meter
  • Medali perunggu Pekan Paralimpiade Nasional kelas S8 gaya punggung 50 meter
  • Medali emas Pekan Paralimpiade Nasional kelas s8 gaya punggung 50 meter
  • Medali perunggu Asean PARA Games 2014 atau Pesta Olahraga Difabel Asia Tenggara 2013 nomor punggung 100 meter
  • Medali perak Asean PARA Games 2014 50 meter gaya punggung
  • Medali perunggu Asean PARA Games 2014 100 meter gaya bebas

Perenang Manakah yang Jadi Favorit Anda?

4 Comments

  1. Adawiyah 07/04/2016
  2. aizeindra 18/04/2016
  3. erick 24/12/2016

Leave a Reply