50 Macam Olahraga Ekstreme yang Wajib Kamu Ketahui!

Olahraga adalah sebuah kegiatan menggerakan badan yang bertujuan untuk kesehatan. Walaupun tujuan awalnya adalah untuk kesehatan, namun banyak juga yang menjadikan olahraga sebagai hobi. Tak jarang hobi yang dilakoni tergolong ekstreme. Tolak ukur dari ekstreme atau tidaknya sebuah olahraga adalah cedera yang ditimbulkan jika terjadi kecelakaan.

Jika cedera yang ditimbulkan dapat berakibat pada cacat tubuh atau bahkan kematian, maka olahraga tersebut tergolong ekstreme.

Berikut daftar 50 Macam Olahraga Extreme:

1. Akrobatik

via: prismadance.com

via: prismadance.com

adalah gerakan yang mengkombinasikan antara keseimbangan, kelincahan dan motorik. Akrobatik dapat ditemukan dalam berbagai jenis olahraga dan beladiri.

Akrobatik lebih sering dikaitkan dengan olahraga seperti senam, tari, balet dan sirkus. Tradisi akrobatik sendiri dapat ditemukan dalam banyak budaya dan ada bukti bahwa akrobatik sudah ada sejak ribuan tahun lalu.

2. Acroyoga

via: wikimedia.org

via: wikimedia.org

adalah kombinasi antara yoga dan akrobat. Dengan berlatih acroyoga, anda dapat mendapatkan kesehatan tubuh dan kesehatan mental. Biasanya acroyoga dilakukan berpasangan sekitar 2 – 3 orang.

3 jenis posisi acroyoga: posisi dibawah, posisi atas, posisi menjaga agar jika terjadi kesalahan, posisi atas bisa mendarat dengan selamat.. untuk melatih kekuatan, keseimbangan dan konsentrasi. Namun olahraga ini sebaiknya dilakukan dengan hati-hati, karena dapat menyebabkan luka cukup serius jika terjatuh.

3. Sky Diving

via: blogpsot.com

via: blogpsot.com

Dikenal dengan sebutan terjun payung adalah sebuah olahraga yang dilakukan dengan cara melompat dari atas pesawat terbang. Tentu tidak sekedar melompat, anda juga harus menyiapkan beberapa peralatan seperti parasut. Olahraga ini juga diperlombakan, para sky divers akan membentuk suatu formasi yang menarik untuk dilihat.

Olahraga ekstrim ini taruhannya adalah nyawa, jika anda salah satu kali saja, maka anda tidak akan pernah menemukan kesempata kedua.

4. Aikido

via: siamstarmma.com

via: siamstarmma.com

Adalah beladiri asal Jepang yang lebih fokus pada menggunakan kekuatan lawan sebagai serangan. Beladiri ini didirikan oleh Morihei Ueshiba yang lahir pada tanggal 14 december 1883.

Morihei Ueshiba ini dikenal dengan sebutan Osensei atau guru besar oleh para praktisi aikido. Aikido adalah beladiri yang berlandaskan perdamaian, sehingga sebisa mungkin membuat lawan menyerah tanpa perlu melukainya.

5. Snow Skiing

via: goodwp.cm,

via: goodwp.cm,

Dikenal dengan sebutan Ski Salju adalah olahraga mengendarai sebuah papan seluncur pada medan bersalju. Biasanya para peluncur akan naik ke sebuah bukit tinggi dengan menggunakan kereta gantung atau dengan berjalan kaki, lalu selanjutnya mereka akan meluncur dari atas. Olahraga ini membutuhkan alat berupa ski salju dan 2 buah tongkat untuk membantu keseimbangan.

6. Archery

via: jewitup.com

via: jewitup.com

Dikenal dengan nama Panahan, adalah kegiatan memanah dengan menggunakan alat berupa busur dan anak panah. Panahan sudah dikenal kurang lebih sejak 5.000 tahun lalu.

Pada awalnya panah digunakan untuk berburu dan berperang. Namun pada perkembanganya, memanah sudah menjadi sebuah olahraga ketepatan yang digemari. Selain itu memanah merupakan sunnah Nabi Muhammad SAW.

7. Auto Racing

via: wallpaperup.com

via: wallpaperup.com

Dikenal dengan nama balap mobil adalah suatu cabang olahraga yang muncul pada tahun 1895. Balap mobil merupakan salah satu cabang olahraga paling populer di dunia yang paling dikomersialisasi.

Balap mobil dilangsungkan di tempat khusus berupa sirkuit balap. Sirkuit balap ada bermacam-macam tergantung dari jenis balapan yang akan digelar.

8. Badminton

via: proboards.com

via: proboards.com

Biasa kita kenal dengan sebutan bulu tangkis adalah sebuah olahraga yang dimainkan dengan menggunakan raket dan kok. Bulu tangkis dapat dimainkan dengan minimal dua orang untuk tunggal atau dua pasangan untuk ganda.

Para pemain akan memukul kok melewati jaring agar jatuh di wilayah pemain lawan dan sekaligus mencegah agar kok tidak jatuh di wilayah sendiri.

9. Ball and jack

via: fineartamerica.com

via: fineartamerica.com

Dikenal dengan bola bekel adalah sebuah permainan tradisional dengan menggunakan bola karet(ball) dan biji bekel (jacks). Permainan ini cukup mudah dipelajari dan dapat dilakukan di dalam atau luar ruangan.

Bola bekel merupakan permainan favorit anak perempuan, namun tidak sedikit juga anak laki-laki yang tertarik memainkan permainan ini.

10. Ballet

via: pixabay.com

via: pixabay.com

Adalah sebuah tarian asal Italia yang dapat ditampilkan sendiri atau berkelompok. Balet biasanya dimainkan dalam sebuah opera dengan iringan musik orkestra atau nyanyian.

Balet terkenal dengan tariannya yang indah dan penuh dengan kelenturan serta keseimbangan. Penari ballet disebut dengan nama ballerina, kadang ballerina dibantu oleh penari lelaki yang disebut danseur. Danseur dapat mengangkat tubuh ballerina ke udara dengan tetap mempertahankan keseimbangan.

11. Base Jumping

via: ujszo.com

via: ujszo.com

Merupakan olahraga ekstreme yang membutuhkan parasut. Olahraga ini dilakukan dengan cara melompat dari tempat tinggi, lalu pada ketinggian tertentu sebelum mencapai tanah, parasut sudah harus dibuka.

Kegagalan perhitungan dalam membuka parasut dapat menyebabkan kematian. Olahraga ini sekilas mirip dengan bungee jumping, hanya saja pengaman bungee jumping berupa tali lentur.

12. Bungee Jumping

via: dirkbeveridge.com

via: dirkbeveridge.com

Merupakan olahraga yang tak kalah ekstreme dengan base jumping. Olahraga dilakukan dengan cara melompat dari tempat tinggi dengan menggunakan pengaman berupa tali lentur.

Tali lentur diikatkan di pergelangan kaki dan ujung satunya terikat ke tempat lompat(bisa berupa tiang jembatan), ketika peloncat sampai ke bawah maka tali tersebut akan memantul lagi ke atas sampai energi lompatan habis. Bungee jumping tertingi dilakukan oleh AJ Hackett yang dilakukan dari Macau Tower setinggi 233 meter atau 764 kaki.

13. Body Building

via: youtube.com

via: youtube.com

Adalah olahraga yang bertujuan untuk membentuk otot dengan intensif. Cara mendapatkan otot adalah dengan melakukan latihan beban dan diet protein tinggi secara rutin dan intensif. seseorang yang melakukan aktivitas ini disebut binaragawan (pria) dan binagarawati (wanita).

Selain untuk tujuan kesehatan, olahraga ini juga telah menjadi gaya hidup dan dilombakan dalam berbagai kontes seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) atau sea games.

14. Bowling

via: pixabay.com

via: pixabay.com

Adalah permainan yang dimainkan dengan menggunakan bola dan pin. Cara memainkannya adalah dengan menggelindingkan bola menggunakan satu tangan menuju pin yang sudah disusun berurutan dan berbentuk segitiga jika dilihat dari atas.

Para pemain diberikan kesempatan dua kali untuk menjatuhkan semua pin. Jika pada percobaan pertama masih ada pin tersisa, maka sisa pin harus dijatuhkan pada percobaan ke dua.

15. Boxing

via: boxingtonight.co.uk

via: boxingtonight.co.uk

Merupakan salah satu cabang dari beladiri yang dimainkan oleh dua orang pemain. Para pemain boxing disebut juga sebagai petinju. Para petinju saling menyerang lawan menggunakan tinju masing-masing dengan menggunakan sarung tangan.

Menang atau kalah ditentukan dari jumlah poin yang didapat jika serangan masuk atau jika lawan tidak dapat melanjutkan pertarungan.

16. Camping

via: pixabay.com

via: pixabay.com

Adalah sebuah kegiatan berkemah di hutan, pantai maupun bumi perkemahan. Kegiatan ini bagus untuk melatih kemandirian sekaligus menikmati indahnya alam.

Kegiatan ini biasanya dilakukan oleh anggota pramuka atau para pencinta alam. Namun sekarang, berkemah di gunung sambil memfoto matahari terbit sudah menjadi trend tersendiri dikalangan anak muda.

17. Capoeira

via: beritajogja.id

via: beritajogja.id

Merupakan beladiri yang disamarkan sebagai tarian oleh para budak afrika di brazil pada sekitar tahun 1500an. Capoeira biasa dilakukan dengan iringan musik.

Gerakan dalam Capoeira menitik beratkan pada keseimbangan dan tendangan. Capoeira disamarkan sebagai tarian karena para budak yang belajar beladiri dikhawatirkan dapat memberontak.

18. Cliff Diving

via: youtube.com

via: youtube.com

Merupakan salah satu olahraga paling ekstrim yang dilakukan dengan cara melompat indah dari tebing berbatu setinggi puluhan meter ke dalam laut, lalu dilanjutkan dengan menyelam. Olahraga ini terbilang ekstrim, mengingat bahaya yang ada, seperti kecepatan tubuh menabrak air dan kemungkinan terkena bebatuan didalam air jika salah memilih tempat pendaratan.

19. Bersepeda

via: unsplash.com

via: unsplash.com

Merupakan olahraga dengan menggunakan alat berupa sepeda. Olahraga ini dapat juga dijadikan sebagai sarana transportasi. Sebagai contoh, jika anda ke kantor dengan menggunakan sepeda, berarti anda berolahraga sepanjang perjalanan menuju kantor.

Dengan demikian, anda tidak perlu menyediakan waktu tambahan untuk berolahraga, cukup dengan bersepeda saat berangkat dan pulang kantor.

20. Free Diving

via: cloudfront.net

via: cloudfront.net

Merupakan kegiatan menyelam tanpa menggunakan tabung. Jadi free diving adalah menyelam hanya dengan mengandalkan nafas yang tersimpan dalam paru – paru.

Para penyelam biasanya melakukan spearfishing (menangkap ikan dengan tombak) atau sekedar berfoto dalam air. Bagi anda yang memiliki kemampuan menahan nafas dibawah rata-rata, sebaiknya jangan coba olahraga ini.

21. Snorkeling

via: disney.go.com

via: disney.go.com

Sebenarnya sama dengan berenang dilaut, namun bedanya, snorkeling bertujuan untuk melihat keindahan alam bawah laut dengan menggunakan alat berupa kacamata khusus yang memiliki selang guna membantu nafas para perenang.

Alat yang digunakan adalah kacamata renang dan selang atau fin. Karena menggunakan peralatan standar, snorkeling biasanya dilakukan pada siang hari agar pemandangan bawah laut terlihat dengan jelas.

22. Fencing

via: mldspot.com

via: mldspot.com

Lebih dikenal dengan nama Anggar. Merupakan ilmu beladiri yang menggunakan pedang lancir sebagai senjata utamanya. Teknik yang digunakan berupa memotong, menusuk dan menangkis. Olahraga ini awalnya dibawa oleh Belanda yang menjajah Indonesia.

Pada saat itu ada dua jenis anggar yang dikenal, yaitu anggar untuk olahraga dan untuk berkelahi. Anggar untuk olahraga diperuntukan untuk mahasiswa sedangkan anggar untuk berkelahi diperuntukan untuk tentara.

23. Fishing

via: unsplash.com

via: unsplash.com

Memancing adalah kegiatan menangkap ikan di kolam, empang, danau atau laut dengan menggunakan alat berupa kail pancing yang dikaitkan dengan umpan di ujungnya.

Kegiatan ini dilakukan dengan cara melempar kail yang membawa umpan ke dalam danau, lalu menunggu dengan sabar sampai umpan tersebut dimakan oleh ikan. Setelah umpan tersebut dimakan oleh ikan, para pemancing akan menarik dengan sekuat tenaga sampai ikan berhasil dikeluarkan dari danau.

24. Fish Keeping

via: unsplash.com

via: unsplash.com

Adalah kegiatan memelihara ikan dalam aquarium atau fish tank. Biasanya para penghobi akan menghias aquarium mereka dengan batu – batuan, pasir, kayu dan tumbuhan agar terlihat indah.

Fish keeping sendiri terbagi menjadi 3 jenis, yaitu fresh water (ikan air tawar), salt water (ikan air asin) dan brackish water (ikan air payau).

25. Foosball

via: pixabay.com

via: pixabay.com

Sepak bola meja adalah permainan sepak bola yang dimainkan di atas meja. Permainan sebenarnya sudah ada sejak tahun 1890-an, namun foosball yang dikenal sekarang pertama kali ditemukan oleh harold Thornton pada tahun 1921 dan dipatenkan pada tahun 1923 di UK. Permainan ini dilakukan pada meja dengan panjang 120cm dam lebar 61cm, pada meja biasanya ada 8 baris pesepak bola.

26. Go kart

via: pixabay.com

via: pixabay.com

Adalah olahraga otomotif seperti balapan mobil, namun bedanya mobil yang digunakan lebih kecil dan kapasitas mesin juga kecil, sehingga tidak membutuhkan lintasan panjang.

Go kart dapat ditemui di taman hiburan, biasanya yang naik hanyalah anak kecil, namun bukan berarti tidak ada go kart khusus dewasa. Go kart yang biasa digunakan anak kecil memiliki kecepatan maksimal sekitar 24km/jam.

27. Golf

via: unsplash.com

via: unsplash.com

Merupakan permainan luar ruangan yang dilakukan dengan cara memukul bola menggunakan stick ke dalam lubang disekitar lapangan. Lapangan golf biasanya terdiri dari 9 sampai dengan 18 lubang.

Permainan asal Belanda/Skotland ini sudah berumur sekitar 500 tahun. Lapangan golf tertua bernama The Old Links yang berada di Musselburgh, Skotland.

28. Geocaching

via: pixabay.com

via: pixabay.com

Merupakan permainan treasure hunt dengan menggunakan bantuan GPS. GPS berguna untuk memberitahukan koordinat dari treasure/barang yang dicari. Barang akan disimpan disebuah kotak atau tempat dengan menggunakan logo sebagai penanda.

Barang dapat disimpan dimanapun, bisa di bawah pohon, di dalam kolam, maupun di sekitar kuburan. Permainan ini sedikit menjadi kontroversi, karena kegiatan mencari barang dapat dicurigai oleh pihak berwajib.

29. Hang Gliding

via: aib-insurance.co.uk

via: aib-insurance.co.uk

Hang Gliding atau Gantolle merupakan olahraga yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu berupa gantolle. Gantolle atau layang gantung berbentuk seperti kerangka pesawat dengan pilot yang menaikinya.

Olahraga ini dilakukan dengan cara melompat dari atas bukit tinggi lalu terbang dengan mengandalkan hembusan angin. Karena berbahaya dan membutuhkan peralatan mahal, maka penghobi olahraga ini jumlahnya masih sangat terbatas.

30. Hiking

via: unsplash.com

via: unsplash.com

Hiking atau mendaki adalah kegiatan berjalan kaki di alam terbuka (biasanya di gunung) yang dilakukan oleh sekelompok pendaki. Kegiatan ini biasanya dilakukan berbarengan dengan berkemah.

Para pendaki melakukan hiking sebagai bagian dari kegiatan pencinta alam, namun ada juga yang hanya ingin sekedar berfoto untuk di upload di sosmed.

31. Horseback Riding

via: unsplash.com

via: unsplash.com

Horse Back atau Berkuda adalah salah satu olahraga yang disarankan oleh Nabi Muhammad SAW. Olahraga ini cocok dinikmati oleh seluruh anggota keluarga, anak kecil pun bisa menaiki kuda.

Walaupun olahraga ini menyehatkan dan menyenangkan, namun resikonya juga tidak kalah besar, jika anda tidak berhati-hati dalam menunggang kuda, anda bisa saja terjatuh dan terinjak.

32. Ice Fishing

via: pixabay.com

via: pixabay.com

Adalah memancing ikan melalui lobang pada danau atau sungai yang beku. Peralatan yang digunakan tentunya berbeda dibandingkan dengan memancing di danau. Memancing di atas danau beku membutuhkan alat untuk melobangi es yang disebut dengan auger.

Sayangnya kegiatan ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang tinggal di tempat bersalju. Jika anda sedang mengunjungi negara bersalju, tidak ada salahnya mencoba kegiatan ini.

33. Ice Skating

via: pixabay.com

via: pixabay.com

Merupakan olahraga di atas es dengan menggunakan sepatu khusus yang memiliki sebilah pisau baja pada alasnya. Olahraga ini dapat dilakukan secara indoor maupun outdoor.

Di negara tak bersalju seperti Indonesia, anda dapat menemukan wahana Ice skating di dalam mall besar seperti Mall Taman Anggrek yang berlokasi di Jakarta.

34. Inline Skating

via: www.inlinespeedskater.com

via: www.inlinespeedskater.com

Inline Skating atau sepatu roda merupakan olahraga yang menyenangkan. Olahraga ini digemari semua kalangan, dari anak-anak hingga dewasa. Bermain Inline skate hanya memerlukan sepatu khusus dengan roda ditambah peralatan pengaman seperti helm, pelindung lutut, pelindung telapak tangan dan pelindung siku. Olahraga ini bermanfaat untuk melatih keseimbangan, menguatkan kaki dan membakar kalori.

35. Kite Surfing

via: aw365.com

via: aw365.com

Kite Surfing adalah olahraga selancar air yang memanfaat tenaga angin untuk meluncur. Olahraga ini juga merupakan perpaduan dari berbagai unsur, mulai dari selancar angin, selancar dan paralayang.

Para kite surfer mengendarai sebuah papan yang diikatkan pada kaki sambil memegang layang-layang. Para kite surfer dapat berselancar di air dan juga melompat ke udara dengan bantuan layang-layang.

36. Kano

via: pexels.com

via: pexels.com

Kano adalah sebuah perahu kecil yang digerakkan oleh tenaga manusia dengan ujung lancip dan memiliki bagian atas terbuka. Kano memiliki kapasitas 1 – 2 orang. Pada awalnya kano digunakan oleh masyarakat yang tinggal di wilayah hutan atau pegunungan seperti suku Indian dan Eskimo.

Kano digunakan oleh suku-suku tersebut sebagai sarana transportasi atau untuk mencari ikan. Sekarang kano sudah dipertandingkan dalam olahraga mendayung.

37. Motocross

via: pixabay.com

via: pixabay.com

Motocross adalah motor khusus yang didesain untuk balapan pada medan off road. Motocross digunakan hanya untuk balapan, karenanya motor ini tidak memiliki perlengkapan standar untuk masuk ke jalan raya seperti spion dan lampu.

Mesin motor ini berkapasitas 125-450cc dengan ban pacul yang memiliki kualitas tinggi. Jika anda melihat motocross di jalan raya, kemungkinan yang anda lihat adalah motor dual purpose atau motor trail sepeti Kawasaki KLX. Motor trail merupakan motor yang dapat dikendarai di jalan raya (memiliki kelengkapan) dan medan off road.

38. Motorcycle Touring

via: shopify.com

via: shopify.com

Adalah touring dengan menggunakan motor. Pada dasarnya, motorcycle touring sama dengan touring biasa, namun bedanya adalah jarak yang ditempuh sangat jauh. Bisa lintas pulau bahkan lintas negara.

Motor yang digunakan untuk aktivitas ini biasanya motor besar dengan kapasitas mesin besar seperti Harley Davidson. Pada tahun 2014 seorang pria asal New Zealand berhasil memecahkan rekor dunia dengan mengendarai motornya sepanjang 91.498km.

39. Motor Cycle Stunt

via: tieronesociety.com

via: tieronesociety.com

Adalah olahraga akrobat dengan menggunakan motor. Gampangnya, ini adalah atraksi motor seperti berdiri diatas motor, menyetir dalam posisi tengkurep, membuat motor berjalan dengan satu roda dan lain sebagainya.

Motor scycle stunt merupakan olahraga yang cukup berbahaya, patah tulang merupakan hal biasa bagi para penggemar olahraga ini. Motor yang digunakan pun biasanya sudah dimodifikasi sehingga lebih mudah digunakan untuk atraksi.

40. Mountain Biking

via: unsplash.com

via: unsplash.com

Mountain Biking atau Sepeda Gunung adalah sepeda yang digunakan untuk melewati medan berat. Sepeda ini biasa digunakan untuk melewati daerah pegunungan atau hutan-hutan. Olahraga ini cukup digemari karena selain menyehatkan, anda bisa mendapatkan udara segar serta pemandangan alam yang indah.

Olahraga ini pertama kali dipamerkan pada New York Bike Show pada tahun 1981. Pada awalnya sepeda gunung diramalkan tidak akan pernah populer. Namun sekarang, 80% sepeda yang terjual di Amerika serikat adalah sepeda jenis ini.

41. Mountaineering

wikimedia.org

wikimedia.org

Adalah sebuah kata yang mendeskripsikan segala macam olahraga yang berkaitan dengan mendaki gunung, seperti memanjat tebing, rock climbing dan ice climbing. Tentunya pada pegunungan di Indonesia, anda tidak akan pernah mendapatkan sensasi ice climbing (kecuali di gunung Jaya Wijaya yang memiliki puncak es).

Namun demikian, memanjat tebing biasa saja sudah cukup sulit, anda membutuhkan latihan rutin dan konsisten selama beberapa bulan pada papan panjat sebelum akhirnya mencoba memanjat tebing asli.

42. Paragliding

via: escope.cz

via: escope.cz

Adalah olahraga terjun bebas dari bukit dengan menggunakan sayap berbahan parasut dan memanfaatkan angin. Angin digunakan untuk mengangkat parasut, lalu anda bisa mengendalikan paragliding dengan menarik tali yang berfunsi sebagai kemudi.

Olahraga ini membutuhkan peralat seperti parasut, harness, parasut cadangan dan helem. Peralatan cukup praktis karena bisa dimasukkan kedalam ransel dan digendong di punggung.

43. Parkour

via: awma.com

via: awma.com

Parkour atau dibaca paar kur adalah seni bergerak berpindah-pindah tempat dengan melewati berbagai rintangan dari titik satu ke titik lainnya secepat dan seefisien mungkin. Parkour sendiri sudah ada sejak dulu, namun dulu lebih dikenal dengan nama free running.

Parkour dipopulerkan oleh seorang pria asal Prancis yang bernama David Belle. David Belle terkenal karena kemampuan parkournya, dan dia juga sudah membintangi sebuah film laris yang berjudul Distric13. Tidak sulit menemukan olahraga ini di Indonesia, jika anda berlokasi di sekitaran Depok, anda bisa menemukan parkour di Universitas Indonesia.

44. Rafting

via: pixabay.com

via: pixabay.com

Rafting atau arung jeram adalah aktivitas mengarungi sungai dengan menggunakan perahu karet dan dayung. Anda membutuhkan perahu karet, dayung, pelampung dan helm. Biasanya rafting didampingi dengan pemandu / guide. Olahraga ini membutuhkan kemampuan lengan serta kerjasama team yang kompak.

Anda juga harus tahan panas-panasan bila rafting dilakukan pada siang hari ditempat terbuka. Anda dapat menemukan olahraga ini di wilayah dingin seperti Sukabumi dan Bandung. Biasanya rafting dipaketkan dengan paket wisata, jadi anda bisa sekalian mengajak anggota keluarga.

45. Rock Climbing

via: pixabay.com

via: pixabay.com

Rock Climbing atau panjat tebing merupakan olahraga ekstrim yang dilakukan dengan cara memanjat tebing bebatuan menggunakan peralatan seperti tali, helm, sepatu khusus panjat, kantung kapur, slingm full body hardness, seat harness, sarung tangan, palu, carabiners, quickdraw, hand ascender, ascender handle, rigger plate, edge roller, padding, cams, pitons, nuts, hexes, tricams, figure eight dan autoshop.

Olahraga ekstrim ini sebaiknya dilakukan dengan persiapan matang seperti berlatih berbulan-bulan. Jika anda minat dengan olahraga ini, anda bisa bergabung dengan klub pencinta alam di daerah anda.

46. Sand Boarding

via: ilovetoskiandboard.com

via: ilovetoskiandboard.com

Adalah olahraga papan yang mirip dengan snow boarding. Bedanya, sand boarding menggunakan pasir bukan salju. Olahraga ini biasa dilakukan di bukit pasir. Olahraga ini umum dilakukan dinegara berpasir seperti Mesir dan Australia.

Namun siapa sangka, di Indonesia juga ada tempat untuk bermain Sand boarding. Anda bisa meluncur dengan bebas di gumuk pasir yang berlokasi di Pantai Parangkusumo, Yogyakarta.

47. Scuba Diving

via: www.adventureclicknblog.com

via: www.adventureclicknblog.com

Adalah olahraga menyelam dengan menggunakan tabung oksigen sebagai alat bantu pernapasan. Alat bantu pernapasan ini disebut Self Contained Underwater Breathing Appratus(Scuba). Untuk melakukan olahraga ini, anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Pertama-tama anda haruslah punya sertifikasi menyelam, untuk mendapatkannya anda harus ikut kursus yang harganya bisa sampai sekitar 5 juta rupiah. Selain itu, anda juga harus menyiapkan peralatan menyelam yang tidak kalah mahalnya. Namun olahraga ini tetaplah digemari karena uang yang anda keluarkan akan terbayar dengan indahnya view bawah laut.

48. Shark Diving

via: nationalgeographic.com

via: nationalgeographic.com

Adalah olahraga menyelam dengan menggunakan tabung seperti scuba diving, bedanya olahraga ini dilakukan di lautan yang penuh hiu. Shark Diving terbagi menjadi dua, dengan kandang atau tanpa kandang. Shark diving dengan kandang berarti anda akan menyelam dengan dilindungi oleh kandang, jadi anda dapat melihat hiu tanpa khawatir akan digigit.

Namun bukan berarti menyelam dengan kandang menjamin 100% keselamatan anda, hiu yang agresif bisa saja menyerang dan membuat anda terkencing-kencing. Sedangkan shark diving tanpa menggunakan kandang membutuhkan keahlian tingkat tinggi, anda juga dibekali dengan senjata untuk berjaga-jaga akan kemungkinan anda diserang.

49. Shooting Sports

via: okscouts.org

via: okscouts.org

Shooting Sports atau olahraga Menembak merupakan salah satu jenis olahraga dalam cabang atletik. Secara garis besar, olahraga ini mirip dengan memanah namun berbeda pada alat yang digunakan. Olahraga ini menggunakan pistol airsoftgun.

Jangan anggap remeh hanya karena menggunakan airsoftgun, karena airsoftgun juga dapat mematikan dari jika ditembak jarak dekat. Jika anda tertarik dengan olahraga ini, anda bisa gabung PERBAKIN (persatuan menembak dan berburu Indonesia).

50. Skateboarding

via: pexels.com

via: pexels.com

Adalah olahraga dengan menggunakan papan 4 roda. Papan ini dinaiki lalu digunakan untuk meluncur. Tenaga untuk meluncur didapat dari satu kaki yang melangkah sementara kaki lainnya berada di atas papan.

Olahraga ini cukup populer terutama di kalangan remaja. Selain membutuhkan papan luncur, demi faktor keselamatan sebaiknya ada baiknya menggunaka pengaman siku, pengaman lutut dan helm.

Olahraga Manakah Favorit Anda?

Leave a Reply