Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Naik Pesawat

Bepergian dengan menggunakan pesawat terbang mungkin masih menjadi sebagai suatu hal yang baru bagi beberapa orang, terlebih bagi yang jarang untuk bepergian jauh. Sedangkan prosedur untuk naik moda transportasi udara yakni dengan menggunakan pesawat ini cukup rinci dna bahkan juga ketat serta paling kompleks jika dibandingkan dengan jenis moda transportasi yang lainnya. Sebenarnya naik pesawat itu merupakan suatu hal yang menyenangkan, jadi jangan sampai justru mendapatkan suatu pengalaman yang tidak menyenangkan apalagi jika hal ini terjadi pada saat kali pertama menaiki pesawat udara. Hal tersebut dikhawatirkan akan bisa membuat trauma berkepanjangan. Oleh karenanya perhatikan 5 hal ini sebelum Naik Pesawat.

Perhatikan Jadwal Jam Keberangkatan

Datanglah ke bandara sekitar 1 hingga 2 jam sebelum waktu keberangkatan sebagaimana yang telah tertera pada tiket pesawatnya. Meski tiap maskapai memiliki aturan dan kebijakannya masing-masing dalam hal ini. Bagi calon penumpang maskapai pesawat Citilink maka bisa melakukan check in secara online di web Checkin Citilink dan juga mengecek lebih rinci mengenai aturan yang terkait mengenai hal ini. Perkirakan waktu tempuh yang diperlukan dari tempat tinggal menuju ke bandara. Hindari kemacetan lalu lintas dan pilihlah rute tempuh yang bisa lebih cepat meski jarak tempuhnya bisa saja lebih jauh.

Selalu Periksa Kembali Barang Bawaan 

Periksalah dan juga pastikan bahwa semua dokumen yang diperlukan, yakni seperti tiket pesawat, juga kartu identitas, dan juga paspor ataupun dokumen lainnya yang penting dan dibutuhkan tidak ada yang tertinggal. Pastikan juga bahwa dokumen tersebut belum expired dan masih berlaku. Lalu juga pisahkan sejak awal benda yang akan dimasukan ke dalam bagasi dan dengan barang yang akan dibawa hingga ke kabin pesawat. Sebaiknya jangan menaruh barang berharga di bagasi, guna menghindari terjadinya kehilangan. Pastikan juga agar tidak perlu membawa benda-benda yang dilarang untuk dibawa hingga ke dalam pesawat yang dapat mengganggu kelancaran perjalanan.

Jangan Malu dan Ragu untuk Bertanya

Penting juga agar tidak bersikap sok tahu, daripada justru berakhir pada hal yang kurang baik dan memalukan, akan lebih bagus untuk bertanya, tak perlu ragu dan malu untuk bertanya jika ada hal-hal yang belum diketahui. Bisa bertanya kepada petugas atau sesama penumpang yang berada di dekat atau disamping. Jangan sampai pula mengalami salah masuk pesawat dan lain sebagainya yang akan merugikan. Juga dengan tempat duduknya  bisa ditanyakan kepada pramugari atau pramugara yang bertugas di atas pesawat mengenai lokasi tempat duduknya dan lain sebagainya, agar tidak menganggu penumpang lainnya atau bahkan bisa membuat pesawat mengalami keterlambatan jadwal keberangkatan dan lain sebagainya. Sebelum berangkat agar tidak makan dan minum terlalu banyak, sehingga tidak akan mengalami gangguan selama berada di udara di dalam pesawatnya. Namun jangan ragu dan malu untuk bertanya jika merasa perlu untuk pergi ke kamar kecil atau toilet demikian juga dengan cara penggunaan berbagai peralatan yang ada di dalamnya kepada petugas yang ada di atas pesawat dengan secara detail dna sejelas-jelasnya.

Berikan Tanda Unik di Koper atau Ransel yang Masuk ke dalam Bagasi

Guna memudahkan untuk mengenali koper terutama pada saat hendak mengambilnya setelah pesawat mendarat  maka bisa beri tanda unik yang khusus di koper dan tas yang masuk ke dalam bagasi, yakni bisa dengan berupa pita berwarna tertentu yang dililitkan di tas  atau striker dan lain sebagainya. Bisa juga ditempelkan nomor telepon yang bisa dihubungi pada tas kopernya agar jika hilang maka akan bisa segera dikembalikan dengan menghubungi pada nomor telepon yang ditempelkan pada tas kopernya.

Gunakan Pengaman Tas

Selain menggunakan tas koper yang sesuai aturan dan memenuhi persyaratan penerbangan rute khusus tertentu jika ada, maka bisa juga ditambahkan pembungkus tas koper atau pelapis luar tas koper guna menambah keamanannya selain dengan menyematkan gembok kecil berkode di bagian akhir resleting tas kopernya.

Dengan memperhatikan hal-hal tersebut di atas  dan juga mematuhi segala aturan dan ketentuan yang ada maka perjalanan dengan menggunakan pesawat udara akan bisa berjalan dengan lancar dan lebih menyenangkan, tanpa meninggalkan pengalaman buruk yang bisa menjadi trauma berkepanjangan yang seharusnya tidak perlu untuk terjadi.