Ingin Kinerja WordPress Semakin Optimal? Lakukan Tips Ini

Kinerja website yang baik mampu memberikan kelancaran bisnis yang sedang Anda jalankan. Hal ini karena pengunjung bisa dengan mudah dan cepat untuk masuk ke website. Salah satu website yang banyak dipakai adalah WordPress. Berikut adalah cara mempercepat WordPress.

Optimasi website ini penting untuk dilakukan agar membuat website memiliki traffic yang bagus dan bisa naik ke peringkat pertama pencarian Google. Lalu, bagaimana cara membuat website menjadi lebih meningkatkan performanya? Mari kita simak penjelasan berikut.

Apa Itu WordPress

WordPress adalah CMS atau Content Management System yang berguna untuk mempermudah pembuatan website tanpa harus menggunakan coding. Jadi, siapa saja juga bisa membuat website dengan mudah.

Anda bisa dengan mudah mengelola konten website dengan menggunakan berbagai pilihan fitur yang tersedia. Selain itu, WordPress adalah CMS gratis sehingga cocok digunakan bagi para pemula yang baru terjun untuk membuat website sebagai ladang bisnisnya.

Ada juga berbagai jenis website yang bisa dipilih temanya seperti blog, toko online, portfolio, dsb.

Cara Mengoptimalkan Kinerja WordPress

Berikut adalah cara mempercepat WordPress yang harus Anda ketahui.

1. Hapus Post Revision (History Revisi)

Cara pertama untuk mempercepat WordPress adalah dengan menghapus fitur Post Revision di dalam website. Fitur ini berguna untuk menyimpan data revisi artikel atau perubahan yang Anda lakukan sebelum diunggah.

Jadi, hasil revisinya akan tersimpan dalam bentuk draf. Banyak yang lupa untuk menghapus artikel yang ada di database sehingga ini akan mengurangi kapasitas dari website.

Ketika website tersebut sudah memiliki kapasitas sedikit ini akan membuat kinerja website menjadi lebih lambat.

Oleh sebab itu, Anda bisa melakukan penghapusan draf apabila sudah tidak digunakan. Agar lebih praktis bisa menggunakan plugin Simple Revisions Delete yang dibuat oleh WordPress dan bersifat gratis.

2. Pakai Layanan Hosting Berkualitas

Tak dapat dipungkiri, hosting yang baik juga akan membuat kinerja website menjadi lebih cepat. Hosting sendiri akan mempengaruhi performa karena kecepatan sampai dengan keamanan website tergantung dari hosting.

Oleh sebab itu, pastikan untuk memilih penyedia layanan hosting yang berkualitas dan menawarkan fitur canggihnya untuk membuat website menjadi lebih aman dan cepat. Harga hosting per tahun di Niagahoster cukup terjangkau dengan didukung dengan banyak fitur.

Untuk lebih mempercepat akses website, Anda bisa beli VPS (Virtual Private Server) karena memiliki kapasitas yang lebih besar dengan keamanan dan privasi yang lebih baik.

3. Memaksimalkan Database

Untuk mempercepat WordPress selanjutnya adalah dengan memaksimalkan database yang dimiliki. Anda bisa menggunakan plugin untuk mengelola database dengan mudah. Dengan begitu, optimasi website bisa berkembang lebih baik.

Anda juga dapat melakukan backup data dengan lebih mudah agar bisa memulihkan data yang terhapus. Salah satu contoh untuk memaksimalkan database yaitu menggunakan plugin WP-DBManager.

4. Rutin Lakukan Update WordPress

Tips berikutnya untuk mengoptimalkan website yaitu dengan selalu rutin update WordPress. Hal ini penting karena website yang update akan memperbarui fitur menjadi lebih lengkap.

Selain mendapatkan fitur yang baru, WordPress ini akan berguna untuk meningkatkan keamanan website menjadi lebih baik. Pengelolaan CMS juga menjadi lebih mudah berkat update WordPress yang sudah Anda lakukan.

Kesimpulan

Demikian cara mempercepat WordPress sehingga website Anda menjadi lebih optimal. Penggunaan tips ini penting terutama dalam hal pemilihan layanan hosting. Niagahoster menyediakan hosting terbaik dengan kecepatan yang optimal dan fitur yang beragam.