Dunia Hewan

Dalam dunia hewan terdapat banyak sekali spesies hewan yang memiliki ukuran sangat besar, berikut 10 hewan terbesar di dunia.

1. Kepiting Terbesar

http://i.imgur.com/

http://i.imgur.com/

Seorang nelayan di Jepang berhasil menangkap kepiting super besar yang dijuluki ‘Crab Kong’. Dilansir dari metro.co.uk , Rabu (16/2), Kepiting ini termasuk dalam keluarga colossus crustasean dan memiliki garis tengah sepanjang 3 meter.

Kepiting ini berhasil ditangkap oleh seorang nelayan di daerah Heda yang terletak di sebelah barat kota Tokyo. Tentunya dalam dunia hewan sendiri kepiting sebesar ini jarang sekali ditemukan.

2. Hercules

http://www.snopes.com/

http://www.snopes.com/

Anjing raksasa yang bernama Hercules ini merupakan pemegang rekor guinnes sebagai anjing terbesar di dunia. Hercules merupakan anjing dari ras mastiff Inggris. Hercules memiliki keliling leher 38 Inch dengan berat sebesar 282 kg.

Anjing ini juga lebih besar dibandingkan dengan anjing lain dari ras yang sama. Mr. Flynn selaku pemiliki Hercules mengatakan kalau ia tidak pernah melakukan diet khusus pada anjingnya dan hanya membiarkanya tumbuh normal.

“Saya hanya memberinya makan makanan normal dan ia hanya tumbuh dan tumbuh dan tumbuh”, ujar Mr Flynn.

Dalam dunia hewan sangat jarang sekali ditemukan anjing dengan ukuran sebesar ini.

3. Chili

blogspot.com

blogspot.com

Chili merupakan lembu raksasa dengan badan setinggi 3m dan memiliki berat lebih dari satu ton. Namun walaupun memiliki tubuh yang besar, Chili merupakan hewan herbivora yang hanya memakan tanaman. Pada siang hari Chili memakan rumput dan terkadang minkmati kohlrabi sebagai makanan favoritnya.

4. Babi

pinimg.com

pinimg.com

Museum provinsi Liaoning memberikan rekor guinnes terhadap babi seberat 900 kg yang meninggal pada 5 februari lalu sebagai babi terbesar yang pernah ada.

Ketika hidup babi ini memiliki tubuh sepanjang 2.5 meter dan memiliki ukuran pinggang 2.23 meter. Tidak hanya itu, babi ini juga memiliki taring sepanjang 14.4 cm.

Menurut seorang petani dari kota wafangdian yang bernama Xu Changjin, babi tersebut hanya bertahan hidup selama 5 tahun.

5. Giant Mekong Catfish

csmonitor.com

csmonitor.com

Giant Mekong Catfish merupakan ikan air tawar terbesar di dunia. Ikan ini memiliki tubuh hampir sepanjang 2.7 meter, ikan besar ini berhasil ditangkap di Thailand utara. Dalam dunia hewan sendiri, ikan jenis ini sangatlah besar dan hanya bisa dijumpai di tempat tertentu.

6. Liger

ytimg.com

ytimg.com

Liger merupakan hasil persilangan antara singa jantan dan harimau betina yang bernama Hercules. Liger bertempat di Jungle Island, Miami. Guinnes book of records mencatat Liger sebagai kucing terbesar di dunia dengan bobot seberat 900 kg.

7. Ikan Pari

http://bestpickr.com/

http://bestpickr.com/

Ikan pari ini merupakan ikan terbesar yang pernah ditangkap dalam sejarah dunia hewan. Butuh 13 orang pria dewasa untuk mengangkatnya, ikan ini berhasil ditangkap di perairan Thailand.

8. Hiu Paus

www.quasarex.com

www.quasarex.com

Whale Shark atau hiu paus (rhincodon typus), merupakan spesies ikan terbesar yang memakan plankton.
Hiu paus ini merupakan anggota dari genus rhincodon dan familinya rhincodontiade (sebelun tahun 1984 disebut rhinodontes), yang termasuk dalam subkelas elasmobranchii pada kelas chondrichtyes,
Hiu ini biasa ditemukan pada samudera tropis yang hangat. Spesies ini diperkirakan berasal dari 60 juta tahun silam.

9. Amy

4.blogimg.jp

4.blogimg.jp

Kelinci muda ini bernama Amy, tubuhnya yang besar sudah jauh melebihi tubuh Alice, ibunya. Kelinci muda berumur 13 bulan ini memiliki tubuh sepanjang 130 cm, diukur dari ujung hidung sampai ke belakang kaki. Amy juga memiliki bobot sebesar 33 kg, berat ini biasanya hanya dimiliki kelinci yang berumur 5 tahun.

Setiap harinya amy mampu menghabiskan 12 wortel, dua kubis, enam apel dan dua mangkuk campuran rumput.

10. Arapaima

i.ytimg.com

i.ytimg.com

Arapaima, paiche atau pirarucu (arapaima gigas) merupakan jenis ikan air tawar terbesar di dunia yang berasal dari perairan tropis di Amerika Selatan. Ikan ini maksimal dapat tumbuh sepanjang 3 meter dengan berat 200 kg.

Namun saat ini sudah sangat jarang sekali arapaima yang dapat mencapai ukuran maksimal, ini dikarenakan ikan ini sering ditangkap untuk dikonsumsu atau diekspor ke negara lain.

Hewan-hewan tersebut merupakan hewan terbesar dalam dunia hewan. Tentunya dalam dunia hewan masih ada lagi hewan dengan ukuran lebih besar seperti paus biru yang hidup pada lautan dalam.

Tags:

Leave a Reply