Harga Jual Scanner LJK dan Software Koreksi – Smart Mark Reader

0812 2023 5237 – Jual Scanner LJK dan Software Koreksi Nilai Smart Mark Reader. Harga Murah, alat, aplikasi, spesifikasi, koreksi, digital mark reader, dmr, fujitsu, canon, brother, opscan, panasonic, pemeriksa, invircom, jasa, koreksi, mesin, paket, plustek smartoffice ps396, ps406u, printer, program, android, terbaik, terbaru, termurah, sewa, dss, komputer, pembuat, pembaca, pemeriksa, pemindai.

PERHATIAN!!!

Software dan Scanner LJK yang kami jual memiliki Teknologi Lebih Canggih dibanding OMR. Jika OMR hanya mampu membaca LJK jika menggunakan pensil 2B dan pengisian harus dibulatkan dengan sempurna, maka dengan menggunakan Smart Mark Reader Anda dapat mengisi LJK dengan PULPEN dan cara mengisinyapun tidak harus dibulatkan. Anda bisa mengisi LJK dengan tanda silang, ceklis, ataupun pembulatan asal.

Cara Kerja Scanner LJK (Lembar Jawaban Kerja) OMR

  • Pertama-tama Anda harus meletakkan tumpukan kertas LJK pada sebuah alat yang dinamakan Optical Mark Reader atau OMR.
  • Cara meletakkan kertasnya sama seperti printer biasa. Ljk harus diatur dengan posisi yang pas agar scanner ljk OMR tidak mengalami kemacetan saat bekerja. Masalah dalam proses pemeriksaan nilai sangat-sangat tidak diharapkan kehadirannya.
  • Setelah itu akan muncul status proses pada panel operator selayaknya layar handphone. Untuk memulai proses scanning / periksa nilai, silahkan klik ‘push button’ sampai muncul tulisan’ready’.
  • Proses scan atau periksa nilai terjadi di lokasi yang disebut ‘transport bed’. Setelah itu lembar LJK akan keluar dan tertumpuk di bagian output stacker. Selama proses scan berlangsung, status pada panel operator akan tertulis ‘scan’.
  • Posisi peletakkan lembar LJK tidak boleh salah ataupun terbalik. Timing marks harus diposisi yang benar dan sama dengan panel opereator. Ada batasan berapa banyak tumpukan lembar LJK yang dapat dikoreksi dalam 1 kali proses. Biasanya tidak lebih dari 200 lembar. Jika lebih dari itu maka mesin scannerl LJK OMR bisa macet.

Bagaimanakah cara kerja OMR dalam membaca tanda hitam pensil pada LJK?

OMR atau Optical Mark Reader tidak memiliki teknologi untuk mengenali karakter (character recognition). OMR hanya menggunakan sinar infrared yang akan diarahkan pada lembar LJK. Sinar infrared ini tidak akan merefleksikan jawaban yang sudah dihitamkan. Lalu hasil scan ini kemudian dicocokkan dengan menggunakan software untuk mengecek apa jawaban tersebut benar atau salah.

Informasi yang nantinya akan diproses oleh software didefinisikan dalam bentuk form. File ini akan menentukan posisi dari kolom atau baris jawaban terhadap timing dan skunk marks. Tipe jawaban apa saja yang akan muncul, apakah abjad atau angka? Serta cara membaca form, apakah dibaca secara vertikal? Atau horizontal?.

Pensil apa saja yang bisa digunakan untuk mengisi lembar LJK?

Sebenarnya semua pensil dapat digunakan untuk mengisi LJK. Yang penting pensil tersebut dapat membuat bulatan hitam sempurna. Namun yang direkomendasikan dan menjadi standart adalah pensil 2B.

Selain pensil 2B, Anda juga bisa menggunakan pensil jenis HB. Hanya saja pensil HB beresiko membuat kertas LJK menjadi rusak. Selain itu menghitamkan kertas LJK dengan pensil HB membutuhkan waktu lebih lama. H pada HB berarti Hard.

Sementara jika menggunakan pensil 6B hasil pembulatannya akan sangat hitam pekat. Ini membuat LJK jadi sulit dihapus. Selain itu jika dihapus akan membuat lembar LJK menjadi kotor.

Apakah lembar LJK harus diisi dengan bulatan sempurna?

Hal ini tidaklah sepenuhnya benar. Pada dasarnya OMR akan membaca bulatan hitam pada LJK. Selama bulatan hitam tidak masuk ke dalam area jawaban lain, maka jawaban Anda tetap akan terbaca. Lain halnya jika bulatan telah masuk ke area jawaban lain, software OMR akan mendeteksi 2 jawaban. Karena itu jawaban Anda akan dianggap salah karena dianggap mengisi 2 pilihan.

Bolehkan lembar jawaban LJK terlipat?

Sensor yang dimiliki oleh perangkat OMR hanya mempunyai ketebalan sekitar 0.5 mm dan sangat sensitif. Karena itu lembar LJK yang terlipat dikhawatirkan akan nyangkut di dalam scanner. Tapi jika hanya terlipat sedikit pada bagian ujung kertas tidak masalah. Jika terlipatnya parah dikhawatirkan akan nyangkut dan membuat mesin OMR macet.

Apakah noda kotor dapat mempengaruhi hasil scan pada LJK?

Tergantung posisi dan jenis noda tersebut. Jika noda tersebut adalah pensil, sebaiknya dihapus. Namun jila nodanya pada bagian kotak hitam atau skunk mark yang terletak disekitar LJK, maka sebaiknya tukar LJK dengan yang baru. Karena scanner OMR bekerja berdasarkan posisi titik koordinat skunk mark secara vertikal dan horizontal.

Tips dan Kiat Sukses Mengisi Lembar LJK

  1. Jangan pernah membeli pensil yang memiliki isi miring. Karena pensil yang isinya miring rentan untuk patah ketika digunakan. Selalu pilih pensil dengan leads terletak di tengah.
  2. Jangan pernah membeli pensil yang isinya kurang rekat atau mudah merosot keluar. Pensil seperti ini sangat rentan patah ketika digunakan. Pilih pensil yang isinya solid, padat dan rekat.
  3. Pilih juga pensil yang isinya besar. Hindari pensil yang isinya kecil dan kurus karena lebih mudah patah. Selain itu pensil yang isinya besar lebih mudah dan cepat untuk membulatkan jawaban.
  4. Pilih juga pensil yang isinya berkilau, karena pensil yang berkilau relatif lebih mudah dibaca oleh scanner. Ini memperkecil kemungkinan lembar LJK Anda tidak terbaca.
  5. Selalu gunakan pensil 2B yang bertuliskan ‘For Computer’ dan telah lulus Scan Test atau OMR Test. Gampangnya sih cukup beli pensil 2B bermerek di tempat yang sudah terpercaya.
  6. Sebagai informasi tambahan, pensil yang sudah lulus OMR atau Scan test dapat dipastikan terbuat dari percampuran yang sempurna. Pencampuran sempurna maksudnya adalah bahan pensil dari ujung ke ujung berkualitas sama, yaitu 2B dan dapat dibaca oleh mesin scan OMR.
  7. Sebenarnya pensil mekanik juga ada yang 2B, hanya saja leadnya lebih keras sehingga dapat membuat lembar LJK bergelombang atau sobek.
  8. Bulatkan jawaban sesuai lingkaran ayng telah disediakan, Anda juga bisa menggunakan alat bantu seperti penggaris khusus yang ada lubangnya. Jangan lupa mengarsir dengan hati-hati dan rapih sehingga lembar LJK tidak rusak dam dapat terbaca oleh scanner.

Leave a Reply