Obat Tradisional Nyeri Otot yang Mudah Dilakukan Dari Rumah

Obat Tradisional Nyeri Otot – Myalgia atau yang biasa disebut dengan nama nyeri otot merupakan penyakit nyeri yang timbul pada otot. Ini merupakan penyakit yang bisa terjadi pada siapapun. Nyeri otot biasa terjadi karena ketengangan atau cidera dari olahraga. Biasanya nyeri otot terasa ketika atau setelah Anda selesai beraktivitas.

Nyeri otot dapat terjadi pada seluruh bagian tubuh karena otot hampir ada pada seluruh anggota badan. Biasanya terdapat beberapa jenis otot pada setiap anggota tubuh. Kondisi nyeri otot ini bisa melibatkan fasia, ligamen dan tendon. Fasia merupakan jaringan ikat yang menjadi penghubung antara otot yang satu dan lainnya beserta jaringan disekitarnya seperti pembuluh darah dan syaraf.

Penyebab Munculnya Nyeri Otot

Nyeri otot dapat bertahan dalam hitungan bulan atau bahkan hilang seketika. Selain itu, kondisi ini bisa jadi pertanda jika Anda terkena infeksi atau lebih parahnya terkena penyakit lupus yang mempengaruhi setiap jaringan ikat pada tubuh.

Berikut ini merupakan penyebab umum terjadinya nyeri otot

  1. Terlalu memforsir dan memaksakan otot ketika beraktivitas fisik atau berolahraga. Karena belum terbiasa mengalami aktivitas yang berat, maka otot menjadi nyeri.
  2. Otot tegang atau terkilir karena trauma atau cedera.
  3. Stres atau ketegangan pada otot yang terjadi pada satu atau beberapa anggota tubuh.

Selain 3 sebab di atas, ternyata nyeri otot juga dapat terjadi karena penyakit di bawah ini.

  1. Fibromyalgia: Kondisi ketika otot dan jaringan lunak lainnya terasa sakit ketika disentuh. Kondisi ini biasanya juga dibarengi dengan sakit kepala, sulit tidur dan kelelahan.
  2. Dermatomiositis: adalah penyakit peradangan yang cukup jarang ditemui. Cirinya adalah otot dan ruam yang terasa lemas.
  3. Lupus: merupakan penyakit peradangan parah yang membuat sistem imun tubuh keliru dan menyerang jaringan tubuhnya sendiri.
  4. Infeksi: Infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri dapat membuat otot pada tubuh terasa nyeri. Misalnya infeksi stapylococcus, flu dan penyakit lyme.
  5. Polimiositis: merupakan peradangan otot yang membuat otot melemah. Polimiositis terjadi pada kedua sisi bagian tubuh.
  6. Rheumatoid arthritis adalah peradangan kronis yang menyebabkan bengkak, kaku dan nyeri pada persendian.
  7. Distonia adalah kondisi yang membuat otot pada tubuh Anda berkontraksi dengan tidak disengaja.
  8. Rabdomiolisis adalah kondisi ketika jaringan otot rusak dan hancur lalu masuk ke dalam aliran darah. Kondisi ini jika tidak segera ditangani dapat berakibat pada kematian.
  9. Efek samping obat-obatan: Ada beberapa jenis obat-obatan yang jika dikonsumsi secara terus menerus dapat menyebabkan nyeri otot, diantaranya adalah obat statin yang fungsi utamanya untuk menurunkan kolesterol. Selain itu ada juga obat penghambat ACE(angiotensin converting enzyme) yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah.

Pengobatan Nyeri Otot

Cara untuk mengobati nyeri otot sangatlah banyak. Hal ini bisa dilakukan sendiri ataupun dengan bantuan tenaga medis.

Penanganan di Rumah

Umumnya gejala nyeri otot dapat disembuhkan oleh diri sendiri tanpa harus meminta bantuan dokter ataupun tenaga medis lainnya. Anda bisa mencoba beberapa cara sederhana ini di rumah guna meredakan gejala nyeri otot yang dialami, misalnya:

  • Minum obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotik seperti ibuprofen dan parasetamol
  • Kompres bagian yang sakit dengan es batu selama kurang lebih 1 – 3 hari.
  • Istirahatkan dan jangan gunakan bagian tubuh yang terasa nyeri dan sakit.
  • Pijat lembut pada bagian yang terasa sakit untuk meredakan nyeri pada otot.
  • Tidur yang cukup guna menghindari stres berlebihan.

Tentunya semua tips di atas dapat dengan mudah Anda coba tanpa harus menggunakan obat pereda nyeri. Ingin olahraga aman dan nyaman tanpa resiko nyeri? Kunjungi Jual Kinesio Tape

Tags:

Leave a Reply