Manfaat Minyak Kemiri Bagi Kesehatan dan Kecantikan Rambut

Apakah Anda pernah mendengar tentang minyak kemiri? Minyak kemiri merupakan minyak yang didapatkan dari proses ekstraksi biji kemiri. Biji kemiri sendiri sangat mudah ditemui di negara dengan iklim tropis seperti Indonesia.

Minyak kemiri yang dihasilkan di Indonesia memiliki kualitas yang sangat bagus. Pohon kemiri juga dapat ditemukan diberbagai negara tropis lainnya. Diperkirakan pohon kemiri awalnya berasal dari kepualau Hawai.

Biji kemiri dapat diolah menjadi berbagai produk yang berguna bagi kehidupan manusia. Salah satu produk olahan kemiri yang terkenal adalah minyak kemiri untuk rambut. Minyak kemiri sudah terkenal dan digunakan sejak zaman dahulu sebagai herbal alami untuk merawat dan menebalkan rambut.

Mengenal Manfaat Minyak Kemiri

Manfaat minyak kemiri yang terkenal ialah sebagai obat penumbuh rambut tradisional alami yang ampuh mengatasi berbagai masalah rambut, seperti rambut rontok, rambut berketombe dan rambut botak.

Sudah banyak sekali orang yang merasakan manfaat dari penggunaan minyak kemiri secara rutin ini. Nenek moyang kita termasuk orang-orang yang sudah merasakan manfaatnya. Jika ragu, cobalah bertanya pada orang-orang tua disekitar Anda.

Pada zaman dahulu untuk mendapatkan minyak kemiri, Anda harus membuatnya sendiri. Untungnya di zaman sekarang ini, minyak kemiri sudah dijual bebas baik secara offline maupun online. Jika Anda tertarik untuk membelinya secara online, Anda bisa mengunjungi tautan ini.

Minyak kemiri yang hadir di pasaran biasanya menggunakan kemasan botol plastik. Jadi jika minyak kemirinya sudah habis, Anda bisa memanfaatkan botolnya untuk keperluan lain, seperti menyimpan bumbu dapur. Karena selain dikenal sebagai herbal penumbuh rambut, minyak kemiri juga sering digunakan sebagai penyedap makanan.

Oh ya sekedar informasi, sekarang Anda bisa loh membeli bumbu dan bahan masakan murah dengan menggunakan kode diskon online.

Biji kemiri yang digunakan sebagai bahan baku utama pembuatan minyak kemiri berasal dari pohon kemiri yang biasanya memiliki ketinggian mencapai 25 meter dan terletak di Indonesia. Selain tingginya yang menjulang, pohon kemiri juga memiliki warna daun yang berwarna hijau pucat.

Biji kemiri yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan minyak kemiri sendiri memiliki diameter sekitar 4 – 6 cm, ukuran ini termasuk besar bila dibandingkan dengan biji lainnya. Biji kemiri juga memiliki lapisan luar (pelindung) yang cukup keras untuk dipecahkan.

Proses Pembuatan Minyak Kemiri

biji kemiri mengandung kandungan manfaat minyak kemiri sebanyak 55-60%

via: pinimg.com

Minyak kemiri dengan kemasan botol dapat dengan mudah dijumpai di pasaran, mulai dari apotik sampai supermarket pun menjualnya. Minyak kemiri di proses dengan cara yang cukup sederhana, untuk mengolahnya biasanya dibutuhkan alat press khusus untuk memecah cangkangnya.

Kalau Anda memiliki waktu luang, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri dari rumah. Selain mudah dibuat, kemurniannya tentu lebih terjamin dibanding jika Anda membelinya di luar.

Membuat minyak kemiri juga murah karena bahan yang dibutuhkan dapat Anda beli dengan mudah. Anda hanya memelurkan biji kemiri segar, karena biji kemiri mengandung sekitar 55% minyak dalam tubuhnya.

Cara Membuat Minyak Kemiri:

  1. Pertama-tama yang harus dilakukan adalah mencuci biji kemiri sampai bersih.
  2. Lalu campurkan biji kemiri tadi dengan air putih secukupnya.
  3. Siapkan saringan untuk menyaring ampas minyak kemiri, Anda bisa membuatnya dari kain.
  4. Masak biji kemiri dalam panci dengan menggunakan api sedang (tidak terlalu besar).
  5. Selama proses memasak, aduk-aduk biji kemiri tadi sampai airnya menguap dan hanya menyisakan minyaknya saja.
  6. Setelah dingin, saring biji kemiri tadi hingga tersisa minyaknya saja. Simpan pada wadah yang sudah dipersiapkan, lalu pakai ketika diperlukan.

Jika cara di atas belum jelas, silahkan baca panduan Cara Membuat Minyak Kemiri Bakar Dengan Mudah Dari Rumah ini.

 

Leave a Reply