2 Tips Ampuh Cara Merawat AC Split Dengan Mudah dan Murah

Cara merawat AC split – Menggunakan AC atau Air Conditioner dapat membuat kita merasa jauh lebih nyaman dalam melakukan berbagai aktivitas harian. Karena jika ruangan terasa panas, kita pasti akan malas bergerak. Pada lingkungan perkotaan yang panas, memiliki AC atau Air Conditioner di dalam ruangan sudah menjadi kebutuhan pokok. Sebut saja kota DKI Jakarta yang memiliki jumlah penduduk sangat besar dan udara sangat panas.

Tapi jika tiba-tiba AC atau Air Conditioner mati atau rusak, pasti suhu ruangan akan terasa panas. Perlu juga diketahui kalau mesin pendingin atau AC ini butuh servis rutin agar tetap bisa berjalan dengan baik. Namun sayangnya banyak sekali orang yang hanya ingin merasakan dinginnya AC tanpa merawatnya, akibatnya ketika rusak banyak yang kelimpungan.

Pada artikel ini, urusandunia akan membagikan tips cara merawat AC yang baik dan benar. Sebelumnya, akan kami jelaskan dulu alasan pentingnya merawat AC.

4 Alasan mengapa merawat AC perlu dilakukan dengan rutin:

  1. Mencegah AC rusak
  2. Mencegah air AC bocor
  3. Agar Air Conditioner tetap bekerja dengan baik
  4. Menghemat tagihan listrik, karena AC yang kotor dapat membuat kerja kompresi menjadi lebih berat. Akibatnya listrik yang dibutuhkan lebih banyak. Hal ini tentu membuat Anda harus membayar tagihan listrik lebih mahal.

2 Tips Cara Mudah Merawat AC Split Sendiri

1. Bersihkan saringan atau filter udara AC terlebih dahulu.

Filter udara ini terletak pada bagian dalam AC, Anda dapat dengan mudah melakukannya sendiri. Buka tutup chasing bagian depan, lalu ambil filternya. Lalu cuci filter tadi dengan sabun sampai bersih. Setelah itu diamkan lalu pasang kembali jika filter sudah kering. Sebaiknya lakukan ini 1 minggu sekali agar kotoran yang menempel pada filter tidak terlalu tebal.

2. Service AC dengan rutin minimal 1 kali dalam 3 bulan.

Service AC sendiri dibagi menjadi 2 bagian, yaitu service AC bagian dalam (Indoor) atau Service AC bagian luar (outdoor).

Service AC bagian dalam (Unit Indoor)

Hal ini cukup mudah dilakukan, caranya adalah dengan membuka tutup atau casing AC, lalu gunakan air bersih untuk membersihkan evaporator yang ada kisi-kisinya. Supaya air tidak berceceran, jangan lupa gunakan plastik khusus untuk service AC.

Jangan lupa untuk menyemprot salurang pembuangan air AC supaya pembuangan menjadi lancar dan AC tidak bocor dikemudian hari.

Lakukan proses ini dengan hati-hati, jangan sampai PCB atau modul AC terkena air karena dapat mengakibatkan kerusakan.

Service AC bagian dalam (Unit Outdoor)

Membersihkan AC bagian luar jauh lebih mudah dibanding membersihkan AC bagian dalam karena Anda tidak perlu membongkar atau membuka tutup casingnya. Anda bisa langsung menyemprot evaporatornya dengan air.
Tapi jika sudah terlalu kotor, Anda tetap perlu mencopotnya dan mencucinya sampai bersih agar hasilnya maksimal.

Jika Anda ingin melakukan proses pembersihan AC ini sendiri, Anda harus punya beberapa alat, salah satunya adalah motor steam. Yaitu penyemprot air yang benar-benar kencang yang dapat membuat AC bersih total.

Namun jika Anda tidak memiliki waktu dan alat-alat yang diperlukan, Anda tinggal menyerahkannya saja pada service AC yang profesional. Tinggal hubungi nomor telepon yang tercantum, maka AC Anda akan bersih seperti baru tanpa harus repot-repot mengerjakannya sendiri.

Tentunya merawat AC merupakan kewajiban bagi pemiliknya, jadi kapan AC Anda mulai dibersihkan?

Bagi Anda yang berlokasi di kota Jogja, maka bisa menghubingi: Service AC Jogja yang sudah terpercaya dibidangnya.

Tags:

Leave a Reply