7 Manfaat Memberikan Asi Eksklusif Bagi Tumbuh Kembang Bayi

ASI adalah makanan atau sumber nutrisi utama pada bayi. ASI mengandung banyak kebaikan guna menunjang perkembangan bayi. ASI juga mengandung banyak zat antibodi yang dapat membantu bayi mencegah infeksi dan mengatASI gangguan kesehatan lainnya.

ASI juga juga telah dikenal luas sebagai sumber nutrisi terbaik dan terlengkap yang dapat mendukung kesehatan, imunitas, pertumbuhan serta perkebangan bayi. Rutin memberikan ASI memberikan efek yang sangat baik bagi perkembangan bayi.

Manfaat ASI Eksklusif Pada Bayi

Memberikan ASI pada bayi memiliki berbagai manfaat, diantaranya adalah dapat mengurangi kemungkinan terserang penyakit ketika bayi beranjak tumbuh dewasa. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh ilmuan ternama menemukan kalau anak yang diberi ASI sejak bayi lebih tahan terhadap penyakit hipertensi, diabetes melitus tipe 2 dan obesitas.

Penelitian lainnya juga menyebutkan kalau anak yang rutin diberi ASI sejak bayi memiliki tingkat kecerdasan atau intelegensi yang lebih baik dibanding anak yang mengkonsumsi susu formula. Inilah pentingnya mengupayakan pemberian ASI eksklusif bagi anak.

Selain manfaat di atas, ada juga beberapa manfaat ASI eksklusif lainnya, simak ulasannya berikut:

  1. ASI sangat baik dikonsumsi oleh bayi karena mudah dicerna ketika pencernaan bayi mASIh dalam kondisi belum sempurna(berumur dibawah 6 bulan).
  2. ASI dapat memaksimalkan pertumbuhan bayi Anda dan membuatnya lebih sehat dan cerdas.
  3. ASI juga berperan penting sebagai antibodi alami tubuh bayi yang berfungsi menangkal serangan penyakit dan infeksi.
  4. Karena berada dalam tubuh, ASI memiliki suhu yang pas untuk dikonsumsi oleh bayi tanpa khawatir terlalu panas atau dingin.
  5. Komposisi dalam ASI juga sangat sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh bayi. Anda tidak perlu lagi khawatir akan kekurangan nutrisi.
  6. Sampai dengan usia 6 bulan, ASI merupakan asupan utama bagi bayi. Bayi yang mengkonsumsi ASI tidak perlu lagi diberikan makanan tambahan.
  7. Frekuensi makan bayi dapat terganggu jika diberikan makanan dan minuman selain ASI. Karenanya, berikan lah ASI tanpa memberikan makanan tambahan lainnya.

Manfaat ASI Eksklusif Untuk Ibu

asi eksklusif berarti memberikan asi tanpa tambahan makanan dan minuman

photo by: Tetyana Moshchenko

Selain bermanfaat untuk tumbuh kembang bayi, ternyata pemberian ASI eksklusif juga bermanfaat bagi ibu. Pemberian ASI secara rutin pada bayi ternyata dapat mempercepat penyembuhan luka pendarahan akibat melahirkan. Hal ini disebabkan hisapan pada mulut bayi dapat merangsang keluarnya hormon progesterone.

Pemberian ASI eksklusif ternyata juga dapat membuat tubuh ibu kembali ideal. Hal ini diakibatkan timbunan lemak pada tubuh ibu digunakan sebagai pembentuk ASI. Jadi, memberikan ASI pada bayi sama saja dengan mengurangi timbunan lemak dalam tubuh ibu.

Selain itu memberikan ASI kepada bayi juga dapat mempererat hubungan emosional ibu dengan bayinya. Ikatan batin akan lebih terjaga karena pemberian ASI berarti memberikan kASIh sayang pada bayi. Selain memberikan kesehatan bagi ibu dan bayi, pemberian ASI juga dapat membuat ikatan kASIh sayang antara mereka lebih erat.

Selanjutnya pemberian ASI pada bayi juga dapat menghindari sang ibu dari resiko kanker payudara dan kanker rahim. Banyak penelitian yang dilakukan guna mengamati hubungan antara tidak menyusui bayi dan resiko terserang kanker.

Kesimpulannya memberikan ASI eksklusif secara rutin bagi bayi dapat memberikan banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan oleh kedua belah pihak.

Pemberian ASI eksklusif atau ASI tanpa makan dan minuman lainnya sebaiknya dilakukan dalam rentang waktu 4 – 6 bulan sejak bayi baru lahir. Anda tidak perlu khawatir karena volume ASI pasti sesuai dengan kebutuhan sang bayi.

Jadi kapan Anda akan mulai memberikan ASI eksklusif bagi bayi?

Tags:, ,

Leave a Reply